Cara Membuat File PHP Insert ke Database MySQL Xampp

Cara Membuat File PHP Insert ke Database MySQL Xampp

Hallo guys lama gak bahas tentang programming nih, admin belajarngulik mau memberikan sebuah sekedar pengetahuan kecil tetapi semoga dapat mendalami tentang file php yang bisa insert ke database MySQL. Jadi untuk yang udah pada master khusunya backend programming web skip aja tutorial ini karena disini saya akan membrikan tutorial yang sangat dasar sekali tentang PHP.

Dan tentu saja perintah yang digunakan adalah perintah query dari MySQL insert ke database phpmyadmin, untuk memulai apa yang saya utarakan agar lebih jelasnya silahkan simak tahap-tahap codinganya dibawah ini:
  1. Pertama aktifkan terlebih dahulu Xamppnya dengan mengklik tombol start apache dan mysql hingga berubah menjadi stop seperti dibawah ini.
  2. Kedua tentu kita diwajibkan membuat atau sudha mempunyai sebuah database MySQL terlebih dahulu dan bagi yang belum tau cara memebuatnya silahkan cek posting artikel saya tentang Cara Membuat Database di Xampp dengan Mudah.

    Dan sebagai contoh saya sudah mempunyai database dengan nama sekolahh dan akan melakukan input atau insert data ke database ke tabel spp.

  3. Lalu buatlah sebuah folder di dalam htdoc atau lebih tepatnya di dalam C:\xampp\htdocs, sebagai contoh saya membuat folder dengan nama test, dan di dalam folder test tersebut kita buat lagi sebuah file php dengan memberikan nama koneksi.php sebagai penghubungnya antara file php dengan database.

    Pada file tersebut kita bisa memasukan codingan dibawah ini:

    sekali lagi jangan lupa untuk memberikan nama file tersebut koneksi.php dan simpan di dalam folder C:\xampp\htdocs, dan coba perhatikan komenan di dalam kodinganya silahkan pahami saja untuk password kosongkan jika database kamu tidak menggunakan password, saya beri gamkbaran lagi silahkan perhatikan gambar dibawah ini.

  4. Lanjut kita membuat sebuah file yang bernama insert.php dan masukan codingan dibawah ini:

    Pada codingan diatas script PHP mengambil variable data dari codingan html coba perhatikan baik-baik beberapa variable yang di php menerima data dari variable html yang berada di tag td name, usai mendapatkan data dari html selanjutnya tinggal memainkan bebuah perintah Query memasukan data atau insert data. Serta pada tag form method post artinya melakukan mengirim dan ada juga action insert.php yang artinya kita akan diarahkan ke halaman mana usai kita melaukakn insert data.
  5. Selesai membuat halaman insert dan sudah terkoneksi dengan database MySQL, mari kita lanjutkan dengan run codingan yang telah dibuat dengan cara masuk ke browser dan ketikan "localhost/test/insert.php" atau jika salah coba kamu perhatikan lagi penyimpanan folder apakah sudah di htdoc atau belum.

    Jika sudah merun browser dan melakukan ketik "localhost/test/insert.php"  di address bar maka browser akan menampilkan sebuah form seperti dibawah ini dan dan kita tinggal insert saja sebagai percobaan apakah yang telah kita buat codingan Insert ke Database MySQL sudah benar atau belum.

    Sebagai contoh saya akan melakukan insert data ke database dengan data NIS = 18, Nama =  Rahma dan Tanggal Lahir = 12/06/2017 seperti pada gambar dibawah ini dan kita tinggal klik tombol submit untuk mengirimnya.

  6. Kita cek ditabase kita apakah sudah ter insert data yang telah kita masukan di tahap no 5, dan saya ternyata berhasil 100 melakukan insert data ke database MySQL dengan PHP, silahkan lihat gambar dibawah ini.
     
Maka begitulah Cara Membuat File PHP Insert ke Database MySQL Xampp sangat simple sekali hanya beberpa step atau tahap, yang perlu diperhatikan jangan lupa menambahkan variable dan memainkan beberapa variable baik dari html atau di phpnya dan jangan lupa juga perintah insert querynya. Penggunaan ini juga bisa kita gunakan pada saat membuat program apapun seperti penyimpanan database sekolah perpustakaan dan lain-lain.


Untuk mengakhiri artikel ini saya ucapkan terima kasih untuk yang sudah berkunjung dan jangan lupa untuk berkunjung lagi lain waktu serta jangan bosan - bosan baca artikel terbaru pada Blog ini dan akhir kata saya ucapkan salam ngulik. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Membuat File PHP Insert ke Database MySQL Xampp"

Post a Comment