Pengertian, Jenis, Fungsi NIC (Network Interface Card)

NIC (Network Interface Card)

Kartu Jaringan (NIC) merupakan perangkat yang menghubungkan antara komputer dengan media penghubung jaringan. Kebanyakan kartu jaringan adalah kartu internal, yaitu yang dipasang pada slot ekspansi di dalma motherboard komputer. Beberapa komputer seperti komputer MAC, meggunakan sebuah kotak khusus yang ditancapkan ke port serial atau SCSI port komputernya. Pada komputer notebook ada slot untuk kartu jaringan yang biasa disebut PCMCIA slot.

Kartu jaringan yang banyak dipakai saat ini adalah: kartu jaringan Ethernet, LocalTalk konektor, dn kartu jaringan Token Ring. Yang saat ini populer digunakan adalah Ethernet, lalu diikiti oleh Token Ring, dan LocalTalk.
  1. Ethernet Card/Kartu Jaringan Ethernet

    Kartu Jaringan ethernet umumnya telah meynediakan port koneksi untuk kabel koaksial konektornya adalah BNC, dan apabila didesain untuk kabel twisted pair maka akan punya konektor AUI. Semua itu dikoneksiakn dengan koaksial, twisted pair, ataupun dengan akbel fiber optik.

    Kartu jaringan ethernet menggunakan metode CSMA/CD (Carrier Sense Multiple Acces with Collision Detector). Pada metode CSMA/CD, sebuah hosy komputer yang akan mengirim data ke jaringan pertama-tama memastikan bahwa jaringan sedang tidak diapaki untuk transfer data dari host komputer lainya. Jika ada aha[ pengecekan dilakukan secara acak (random). Dengan demikian maka jaringan efektif bisa digunakan secara bergantian. Untuk menentukan pada posisi mana sebuah host komputer berada, maka tiap-tiap perangkat ethernet diberikan alamat (Address) sepanjang 48 bit yang unik (hanya satu di dunia). informasi alamta disimoan dalam chip biasnaya nampak pada saat komputer start dalam urutan angka betbasis 16 (heksadesimal). 48 bit angka agar mudah dimengerti dikelompokan masing-masing 8 bit untuk menyetakan bilangna basisi 16 seperti 00:40:05:16:20:e6 3 angka di depan adalah kode perusahaan pembuat chip tersebut.

    Kecepata transmisi data kartu jaringan ethernet adalah 10 sampai 1000 Mbps. Saat ini yang umum ada dipasaran adalah etehernet berkecepatan 10Mbps yang baisa disebut seri 10Base. Ada bermacam-macam jenis 10Base diantaranya adalah: 10Base5, 10Base2, 10BaseT, dan 10BaseF.
    • 10Base5

      Sistem 10Base5 menggunakan kabel coaxel berdiameter 0,5 inch (10 mm) sebagai media penghubung berbentuk bus. Biasanya kabelnya diberi konsentrator sehingga mempunyai resistansi sebesar 50 ohm. Jika menggunakan 10Base5, satu segmen jaringan bisa sepanjang maksimal 500 m, bahkan jika dipasang penghubung (repeater) sebuah jaringan bisa mencapai panjang maksimum 2,5 km.

      Antara INC (Network Interface Card) yang ada di komputer (DTE, Data Terminal Equipment) dengan media transmisi bus (kabel coaxial)-nya diperlukan sebuah transceiver (MAU, Medium Attachment Unit). Antar MAU dibuat jarak minimal 2,5m, dan setiap segmen hanya mampu menampung sebanyak 100 unit. Konektor yang dipakai adalah konektor 15 pin.
    • 10Base2


      Seperti pada jarinagan 10Base5, 10Base2 mempunyai struktur jaringan berbentuk bus. Hanya saja kabel yang digunakan lebih kecil, berdiameter 5 mm dengan jenis twisted pair. Tidak diperlukan MAU karena MAU telah ada di dalam NIC-nya sehingga bisa menjadi lebih ekonomis. Karenanya jaringan ini dikenal juga dengan sebutan CheapterNET. Dibandingkan dengan jaringan 10Base5, panjang maksimal segmen menjadi lebih pendek, sekitar 185m, dan bisa disambung sampai 5 segmen menjadi 925m. Sebuah segmen hanya mampu menampung tidak lebih dari 30 unit komputer saja. Pada jaringan ini pun diperlukan konsentrator yang membuat ujung-ujung media transmisi busnya menjadi beresistansi 50 ohm. Untuk jenis konektor dipaki menjadi BNC.
    • 10BaseT

      Berbeda dengan 2 jenis jaringan diatas, 10BaseT berstruktur bintang (star). Tidak diperlukan MAU karena sudha termasuk di dalam NIC-nya. Sebagai pengganti konsentrator dan repeater diperlukan hub karena jaringan berbentuk star. Panjang sebuah segmen jaringan maksimal 100m. dan setiap hub bisa disambungkan jaringan sehingga maksimal komouter tersambung bisa mencapai 1024 unit.

      Menggunakan konektor modular jack RJ-45 dan kabel jenis UTP (Unshielded Twisted Pair) seperti kabel telepon di rumah-rumah. Saat ini kabel UTP yang banyak digunakan jeis kategori 5 karena bisa mencapai kecepatan transmisi 100 Mbps.

      Kategori Aplikasi
      Kategori 1 Dipakai untuk komunikasi suara (voice), dan digunakan kabel telepon di rumah-rumah.
      Kategori 2 Terdiri dari 4 pasang kabel twisted pair dan bisa digunakan untuk komunikasi data sampai kecepatan 4 Mbps.
      Kategori 3 Bisa digunakan untuk transmisi data dengan kecepatan sampai 10 Mbps dan digunakan untuk Ethernet dan Token Ring.
      Kategori 4 Sama dengan kategori 3 tetapi dengan kecepatan transmisi sampai 16 Mbps.
      Kategori 5 Bisa digunakan pada kecepatan transmisi smpai 100Mbps, biasanya digunakan untuk FastEthernet (100 Base) ayau network ATM.

    • 10BaseF

      Bentuk jaringan ini sama dengan 10BaseT yakni berbentuk star. Karena menggunakan serat optik (fiber optic) untuk media transmisinya, maka panjang jarak antara NIC dan konsentratornya menjadi lebih panjang sampai 20 kali (2000 m). Demikian pula dengan panjang total jaringanya. Pada 10BaseF, untuk transmisi output (TX) dan input (TX) dan input (RX) menggunakan kabel/media yang berbeda.
    • 100BaseT series (Fast Ethernet)

      Selain jenis NIC yang telah diterangkan diatas, jenis Ethernet chip lainnya adalah seri 100Base. Seri jenis 100Base mempunyai neragam jenis berdasarkan metode akses datanya diantarnya adalah: 100Base-T4, 100Base-TX, dan 100BaseFX. Kecepatan transmisi seri 100Base-TX, dan 100Base-FX. Kecepatan transmisi seri 100Base bisa melebihi kecepatam chip pendahulunya (seri 10Base) antara 2-20 kali (20-200 Mbps). Ini dibuat untuk menyaingi jenis LAN berdsarakan kecepatan tinggi lainya seperti: FDDI, 100VG-AnyLAN, dan lain sebagainya.
  2. Local Talk Connectors/Konektor LocalTalk

    LocalTalk adalah kartu jaringan untuk komputer macintosh, ini menggunakan sebuah kotak adapter khusu dan kabel yang terpasang ke Port untuk printer. Kekurangan dari lokalTalk dibandingkan Ethernet adalah kecepatan laju transfer datanya. Ethernet di jaringan komputer bukalnah sesuatu yang bari saat ini. Hampir di setiap perushaan terdapat jaringan jaringan komputer untuk memperlancar arus informasi di dalam perusaahn tersebut. Internet yang mulai populer saat iniadalah suatu komputer raksasa yang merupakan jaringan jaringan komputer yang terhubung dan dapat saling berinstraksi. Hal ini dapat terjadi karena adanya perkembangan teknologi jaringan yang sangat pesat, sehingga dapat ebberapa tahun saja jumlah pengguna jaringan komputer yang tergabung dalam internet berlipat ganda. kecepatanya dapat sampai 10Mbps, sedangkan LocalTalk hanya dapat beroperasi pda kecepatan 230Kbps atau setara 0.23 Mbps.
  3. Token Ring Card

    Kartu Jaringan Token Ring terlihat hampir sama dengan Kartu jaringan Ethernet. Satu perbedaanya adalah tipe konektor di belakang kartu jaringanya, Token Ring umumnya mempunyai tipe konektor 9 Pin DIN yang menyambung kartu jaringan ke Kabel Network.
*Sumber: Citra Pustaka

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " Pengertian, Jenis, Fungsi NIC (Network Interface Card) "

Post a Comment