Cara Menyembunyikan Folder dan File di Komputer atau Laptop

Cara Menyembunyikan Folder dan File di Komputer atau Laptop

Haloo.... guys kembali lagi dengan admin belajarngulik tak hentinya kali ini saya akan membagikan sebuah tutorial yang sangat sederhana tetapi cukup diperlukan untuk orang yang ingin menyembunyikan sebuah dokumen atau file pribadinya di dalam Komputer atau Laptop atau dalam singkatnya seperti di judul yaitu Cara Menyembunyikan Folder dan File di Komputer atau Laptop. Cara yang saya katakan ini adalah kita tidak perlu menginstall software atau tool bantuan apapun kita hanya akan memanfaatkan sebuah setelan option dari file explorer.

Nah sudah ada gambaran apa yang saya maksud?, jadi bila teman-teman udah tau maka silahkan skip saja postingan ini dan boleh silahkan lihat-lihat postingan artikel lainya. Bagi yang belum tau bagaimana cara menyembunyikan atau cara hidden folder dan file di Windows silahkan simak tahap-tahap yang saya rangkum dibawah ini:
  1. Dan untuk tahap awal atau pertama tentunya kita sudah mempunyai folder yang kita targetkan untuk di sembunyikan atau hidden jadi silahkan anda masuk ke file explorer komputer atau laptop anda dulu dan cari folder tersebut.
  2. Di tahap selanjutnya jika sudah menemukan folder atau file yang akan di hidden nantinya silahkan anda cukup klik kanan pada folder yang anda inginkan dan pilih properties seperti pda gambar dibawah ini
    Ohh... iya sebagai contoh saya akan hidden sebuah folder bernama SuperMario-master dan termasuk isinya.
  3. Nah.... sudah masuk ke menu properties silahkan anda perhatikan di tab general ada pilihan hidden di bawahnya silahkan anda checklis tersebut atau anda tandai saja, ya... tanda tersebut adalah sebuah konfirmasi bahwaq folder ini akan di Hidden dan klik ok saja jika sudah checklis Hidden.

  4. Usai klik Ok setelah itu kita akan kembali disuguhkan sebuah pilihan ada Apply change to this folder only dan ada juga Apply change to this folder, subfolder and file, nah... untuk pilihan yang pertama artinya adalah hanya akan menyembuyikan folder itu saja dan untuk pilihan no 2 artinya adalah akan menyembunyikan seluruh isi dari folder tersebut termasuk file subfolder di dalamnya, karena di postingan ini membagikan tutorial Cara Menyembunyikan Folder dan File di Komputer atau Laptop maka saya pilih opsi yang kedua yaitu  Apply change to this folder, subfolder and file maka checklis tersebut dan jika sudah kilik ok dan ok lagi hingga menu propeties tertutup.

  5. Dan lihat apakah folder yang anda inginkan sudah tersembunyi atau belum jika sudah tersembunyi maka selamat berhasil, atau malah gagal dan nampak tidak ada perubahan sama sekali, jika tidak ada perubahan silahkan teman-teman simak kemabli postingan ini apa yang saya maksud atau ulangi tahap-tahap dari awal. Dan jika foldrnya nampak buram seperti gambar dibawah ini maka artinya akan ada sedikit tahap selanjutnya.


  6. Untuk agar benar-benar tersembunyi silahkan andaklik pilihan Organize di sebelah kiri atas tepatnya dibawah tanda panah di file explorer lalu pilih folder anda search options.


  7. Setelah memilih menu older anda search options pada tab view silahkan ada cari pengaturan atau setelan menu bertulisan Dont show hidden file, folder or drive dan silahkan anda checklis tersebut seperti pada gambar dibawah ini dan jika sudah klik ok saja.
     

Dan selamat folder anda sudah terhidden seharusnya dan seperti nampak gambar dibawah ini saya berhasil Menyembunyikan Folder dan File bernama SuperMario-master.
Nahh... seperti yang saya katakan mudah bukan Cara Menyembunyikan Folder dan File di Komputer atau Laptop. Untuk mengakhiri artikel ini saya ucapkan terima kasih untuk yang sudah berkunjung dan jangan lupa untuk berkunjung lagi lain waktu serta jangan bosan - bosan baca artikel terbaru pada Blog ini dan akhir kata saya ucapkan salam ngulik.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Menyembunyikan Folder dan File di Komputer atau Laptop"

Post a Comment