Cara Membuat Aplikasi CRUD dengan Delphi Menggunakan AdoQuery Pada Database MySQL

Cara Membuat Aplikasi CRUD dengan Delphi Menggunakan AdoQuery Pada Database MySQL

Balik lagi dengan saya kali ini saya akan menjelaskan tentang bagaimana Cara Membuat Aplikasi CRUD dengan Delphi Menggunakan AdoQuery Pada Database MySQL. Nah sebenarnya artikel ini merupakan sebuah rangkuman dari beberapa tutorail Delphi yang telah saya share pada Blog ini jadi disini saya akan mempersingkat pembuatanya dan saya akan membagikan Source Code sekaligus file Databasenya.

Untuk mempersingkat waktu dan bagi yang membutuhkanya agar cepat terlaksana silahkan simak tahap - tahap sederhana yang saya akan jelaskan pada di bawah ini:
  1. Silahkan Download atau ambil terlebih dahulu file Database MySQL yang saya punya disiniatau mau buat sendiri silahkan asal sesuaikan saja. Lalu runlah Xampp atau Wampp anda dan buka phpmyadmin dan import file yang telah kamu download tersebut yang saya tandai warna merah pada gambar dibawah ini.

  2. Lalu buatlah form dan tambahkan beberapa komponen seperti:  
    • AdoConnection
    • AdoQuery
    • Data Source
    • DBGrid
    • TEdit
    • TButton
    • DateTimePicker
    atau lebih jelasnya buatlah sebuah form di Delphi anda seperti gambar dibawah ini:


  3. Tahap selanjutnya adalah mengkoneksikan antara Delphi dan Databasenya menggunakan AdoConnection, silahkan anda koneksikan terlebih dahulu atau jika kurang paham silahkan simak artikel Cara Menghubungkan Delphi RAD dengan Database MySQL.

  4. Kita mulai dari proses penyimpanan atau input data silahkan klik dua kali pada Button Input dan masukan codingan dibawah ini:

    Pastikan codingan diatas pada tombol atau button Input.

  5. Pada tahap ini kita melakukan codingan pada tombol Edit jadi masukanlah codingan dibawah ini:

    Dan pastikan juga bahwa codingan diatas berada di tombol Edit.

  6. Selanjutnya tombol Delete atau hapus, nah kalau yang ini lebih simple klik dua kali pada tombol Delete dan masukan codingan dibawah ini:




  7. Dan codingan terakhir yang harus di input adalah codingan untuk pencarian atau filter data jadi klik dua kali pada tombol cari dan masukan juga codingan dibawah ini:



Selesai deh jika anda membutuhkanya silahkan Download Project dan Source Code Aplikasi CRUD dengan Delphi Menggunakan AdoQuery disini dan semoga anda dapat paham, jika link download bermasalah silahkan berkomentar.

Untuk mengakhiri artikel ini saya ucapkan terima kasih untuk yang sudah berkunjung dan jangan lupa untuk berkunjung lagi lain waktu serta jangan bosan - bosan baca artikel terbaru pada Blog ini dan akhir kata saya ucapkan salam ngulik.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Membuat Aplikasi CRUD dengan Delphi Menggunakan AdoQuery Pada Database MySQL "

Post a Comment