Membuat Form Login Dengan Codeigniter


Membuat Form Login Dengan Codeigniter - Melanjutkan tutorial framework codeigniter seperti sebelumnya pada artikel kali ini saya akan sedikit menjelaskan bagaimaan cara Membuat Form Login Dengan Codeigniter, tentunya jika yang masih awam terhadap salah satu Framework terkenal ini akan terasa punsing atau membingungkan, nah jika anda sedang ingin  Membuat Form Login Dengan Codeigniter maka anda masuk ke blog ini dan membaca artikel ini merupakan pilihan yang tepat.

Sebelum membuat form login anda tentunya harus paham terlebih dahulu bagaimana kita membuat sebuah file model pada codeigniter untuk menyambungkan nantinya ke Database dan tentunya juga harus paham cara membuat sebuah function pada file controller, jika anda tidak tahu cara - cara yang sebutkan barusan maka silahkan baca - baca dulu artikel pada blog ini bagian menu programming atau pahami Menghubungkan CodeIgniter Dengan Database MySql Xampp 

Maksud dari sat\ya anda harus paham membuat sebuah function pada controller dan wajib membuat sebuah file model karena kita akan mencoba mencari/filter data yang ada pada Database tersebut. Jika anda tidak paham apa yang saya maksud silahkan simak tahap - tahapnya dibawah ini:
  1. Hal utama yang kita wajib lakukan adalah membuat sebuah tabel yang betugas/berisi data-data hak aksesnya, silahkan anda terlebih dahulu membuat sebuah tabel dengan nama login atau terserah anda berinama apa saja asalkan nantinya harus sama dengan nama function yang di file model.

    Sebagai contoh dibawah ini saya membuat sebuah tabel yang mempunyai 2 kolom yaitu user untuk menyimpan username dan pw untuk menyimpan password.
    Jika anda tidak tahu bagaimana cara membuat tabel tersebut silahkan anda pahami dulu Cara Membuat Database di Xampp dengan Mudah dan intinya buatlah tabel untuk menyimpan beberapa data untuk hak akses.
  2. Sepert pada judul membuat form login maka dari itu kita akan membuat halaman baru yang bertampilan sebuah form login yang pada umunya akan terisi Username/Email, Password dan tombol login/submit.

    Jadi kita membuat terlebih dahulu sebuah file berekstensi .php tetapi gunakan syntax HTML dan supaya rapih kita masukan di tag table, seperti yang saya punya ini:
    <html>
    <head>
    <title>Halaman Login</title>
    </head>
    <body>
    <center style="border: 1px solid; margin-top: 200px;">
    <form>
    <table><tr>
    <td>Username</td>
    <td><input type="text" name="user" placeholder="Masukan Username"></td>
    </tr>
    <tr>
    <td>Password</td>
    <td><input type="Password" name="pw" placeholder="Masukan Password"></td>
    </tr>
    <tr>
    <td></td>
    <td><input type="submit" name=""></td>
    </tr>
    </table>
    </form>
    </center>
    </body>
    </html>
    Silahkan di copas saja jika mau dan berinama file login.php atau terserah anda nama file tersebut nantinya akan menjadi sebuah halaman jadi file ini disimpan di folder application/view.
  3. Lanjut ke tahap selanjutnya kita membuat sebuah function pada file model yang terletak di folder models, seperti yang saya utarakan di atas anda harus memahami terlebih dahulu Menghubungkan CodeIgniter Dengan Database MySql Xampp. Pada file model ini kita tambahkan sbeuah function yang bertugas untuk filter data yang kita cari atau kita inginkan maka penulisanya seperti dibawah ini:
    public function prosLogin($user,$pw){
    $this->db->where('user',$user);
    $this->db->where('pw',$pw);
    return $this->db->get('login')->row();
    }
    Saya memberikan nama function tersebut prosLogin dan menyesuakian beberapa variable dengan nama kolom pada database yang telah saya buat pada tahap no 1. Coba perharatikan pada gambar dibawah ini untuk lebih lengkapnya (hiraukan function lainya hanya berpacu pada function prosLogin).
    Pada tanda panah merah saya mengkoneksikanya untuk $user (username) dengan kolom user sementara $pw saya koneksikan dengan kolom pw (password), saya membuatnya sama karena agar mudah diingat jadi sesuaikan saja semau anda tapi saya sarankan untuk menyamakanyalah karena takut lupa.
  4. Nah untuk membuat function di model pada tahap no 3 sudah selesai, kita lanjut pembuatan function pada controller, seperti yang saya katakan anda harus paham dulu cara penggunaan controller setidkanya taulah Cara Merubah dan Mengganti Halaman Awal Welcome di CodeIgniter karena itu merupakan tingkat dasar dalam penggunaan Codeigniter.

    Untuk pembuatan funtion pada controller silahkan masukan coding dibawah ini:
    public function ngecek(){
       $user = $this->input->post('user',true);
       $pw = $this->input->post('pw',true);
       $test = $this->db_model->prosLogin($user,$pw);
    $hasil = count($test);
    if($hasil > 0){
          redirect('welcome');
    }else{
         $this->load->library('session');
         $this->session->set_flashdata('err', 'Username atau Password Yang Anda Masukan Salah');
       redirect('welcome/login');
    }
    }
    Untuk  penjelasanya saya akan jelaskan pada gambar dibawah ini dan semoga anda mengerti apa yang saya maksud dengan apa yang saya terterakan pada langkah no 4 ini saya harapkan anda harnya tepaku pada codingan yang saya kurungi warna biru dan merah hiraukan saja codingan yang lain karena kita pada ini membahas Membuat From Login Dengan Codeigniter.

    Pada gambar diatas juga saya memberikan nama function pada controller yaitu ngecek jadi sesuaikan juga keinginan anda untuk nama function agar anda mudah di ingat tentunya.
    Dan pada logika function ngecek itu yaitu ketika penegecekan atau hasil > 0 maka halaman di alihkan ke halaman http://localhost/ci/welcome dan jika hasil = 0 maka akan dialihkan atau menetap di halaman http://localhost/ci/welcome/login dengan notice Username atau Password Yang Anda Masukan Salah karena saya menambahkan sebuah syntax $this->session->set_flashdata('err', 'Username atau Password Yang Anda Masukan Salah'); , seperti pada gambar diatas.

    Berikut gambar dibawah ini merupakan ketika saya memasukan username dan password yang tidak ada atau salah.
    Dan seperti yang saya katakan diatas jika benara maka akan halaman akan dialihkan ke http://localhost/ci/welcome seperti gambar dibawah ini jika benar memasukan username dan password.

    Jadi itu terserah anda mau dialihkan ke halaman mana jika benar ataupun salah ketika memasukan username dan passoword.
  5. Lanjutr kita akan memulai memahami proses penginputan dari HTML ke controller, sama seperti Cara Insert Data Dengan CodeIgniter ke Database MySql Xampp atau mirip - mirip sedikit tetapi disini tidak sepenuhnya input saya katakan lagi melainkan hanya memfilter atau mengecek data yang kita cari beriku saya jelaskan, coba perhatikan gambar dibawah ini.
  6. Sebenarnya kita kembali ke tahap no 2 yang membuat sebuah form tetapi disini kita menambahkan sebuah syntax action="<?php echo site_url('welcome/ngecek') ?>" method="POST" dan memberiakn sebuah name untuk tiap sebuah text - box yang natinya akan dikmirim ke controller, jika kurang jelas gambar dibawah ini merupakan sebuah coding HTML yang sudah teritegritas ke controller contoh saya memberikan name pada text-box username dengan name user dan text-box password dengan name pw, jadi kemabli lagi sesuaikan dengan ada yang di controller jika user maka user juga di controller begitupun juga dengan pw maka di controlerpun pw.
    Untuk syntax <h4 style="color: red;"><?php echo $this->session->flashdata('err');?></h4> hanya sebuah notice atau pesan singkat error yang dikirim dari controller, seperti yang saya katakan atau jelaskan pada tahap no 5 fungsi dari syntax ini dengan lain kata hanya sebuah pariasi jika error, jadi silahkan anda mau tambahkan atau tidak atau mau ditempatkan di sebelah mana silahkan sesuaikan keinginan anda.

  7. Jika sudah maka save saja dan coba run halaman login yang telah kamu buat jika saya dengan format http://localhost/nama_folder_framewrod/nama_controller/nama_function , jadi jika saya adalah http://localhost/ci/welcome/login nah sesuakan saja jika benar maka tampilanya akan seperti ini dengan sangat simple belum di tambahi code CSS sedikitpun melainkanya hanya HTML.

Sebagai catatan pada pembuatan form login ini saya mengandalkan function jadi saya menampilkan sebuah form di dalam sebuah controller yaitu ci/welcome/login tetapi jika anda tidak ingin form login di dalam sebuah controller maka buatlah controller baru dan buat form login semestinya coba pelajar Cara Merubah dan Mengganti Halaman Awal Welcome di CodeIgniter dengan baik-baik.

Saya kira cukup sekian tutorial pada artikel ini semoga dapat membantu dan bermanfaat jika ada yang mau bertanya silahkan bertanya di kolom komentar dan gunakan kata yang sepatutnya, saya ucapkan terima kasih sudah mau berkunjung dan jangan lupa berkunjung lagi lain waktu dan salam sukses.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Membuat Form Login Dengan Codeigniter"

Post a Comment