Cara Menghubungkan RAD XE5 dengan Database MySql Xampp


Cara Menghubungkan RAD XE5 dengan Database MySql Xampp - Tak lekang dengan dunia codingan saya kali ini akan sedikit membahasa bagaimana Cara Menghubungkan RAD XE5 dengan Database MySql Xampp sebenarnya  cara ini sama saja dengan RAD versi lainya ataupun sama persis dengan pendahulu software ini sebelum berganti nama yaitu Delphi.

Bagi yang awam akan RAD anda beruntung tentunya masuk mengunjungi blog sederhana saya ini karena sesuai judul artikel saya akan membahas Cara Menghubungkan RAD XE5 dengan Database MySql Xampp, jika anda kebetulan menggunakan versi XE5 maka perhatikan saja baik-baik dan teliti bagaimana langkah langkahnya, tetapi jika anda pengguna versi lainya ataupun Delphi cukup sesuaikan saja. 

Pada tutorial ini kita membutuhkan software atau aplikasi pendukung yaitu ODBC dan wajib instll sebagai penghubung antara Database MySql Xampp dengan RAD, nah penasarankan bagaimana langkah-langkah atau tahap-tahapnya silahkan perhatikan dibawah ini:
  1. Langkah awalnya adalah membuat terlebih dahulu sebuah databasenya dengan MySql Xampp ya sebagai contoh simplenya seperti dibawah ini

    atau jika anda benar-benar tidak tahu bagaimana cara membuat sebuah database di MySQL Xampp silahkan baca artikel Cara Membuat Database di Xampp dengan Mudah, dan perhatikan hanya pada pembuatan database saja tidak perlu sampai pembuatan relasinya karena tidak perlu dibutuhkan sebagai bahan pembelajaran saja jika sudah save saja database tersebut.
  2. Setelah membuat sebuah database di Phpmyadmin kita lanjutkan dengan mendownload sebuah software pendukung seperti yang saya katakan diatas yaitu ODBC, untuk mendownload ODBC silahkan klik disini dengan berukuran sekitar 8mb dan sesuaikan OS pada PC anda dan Bitnya juga, saya menyarankan menggunakan ODBC 3.51 dan tidak menggunakan versi terbaru karena bagi saya banyak fitur baru malah makin semakin membingungkan.

    Jika sudah mendownload ODBCnya silahkan install ODBC tersebut dan cara installnya tinggal next - next saja atau tinggal yes-yes saja tidak ribet karena ODBC ini software gratis tidak dipungut biaya apapun dan sangat ringan pula.
  3. Lanjut kita membuka software RAD XE5nya kita membuat sebuah project baru terlebih dahulu dengan cara klik File -> New -> VCL Forms Application - Delphi, maka akan muncul tamnpilan Blank page atau form sebagai rangkanya kita menyimpan beberapa komponen RAD tersebut.

  4. Setelah itu kita gunakan komponen AdoConenction di RAD sebagai media penghubung antara database dan RAD, silahkan kamu cari komponen tersebut di tab komponen dbGo dan klik  AdoConenction, lalu klik lagi atau drag menuju form rangkanya hingga ada icon AdoConnection berada di form seperti pada gambar dibawah ini

  5. Setelah AdoConnection terpasang di form kita setting terlebih dahau AdoConnectionya dengan cara klik dua kali AdoConnection supaya muncul sebuah kotak dialog yang berisi sebuah pilihan Connection String atau bisa juga kita memlih/klik properties dan klik ConnectionString

  6. Pada tahap ini kita klik Build dan pada tab Provider kita pilih Microsoft OLE DB Provider for ODBC Drivers lalu pilih Next >>
    Jika sudah mengklik Next>> kita pilih Use Connection string dan klik Build dan kita arahkan menuju pada tab Machine Data Source, maka akan ada beberapa muncul sebuah data source yang telah kita buat, jika anda belum pernah membuatnya bisa jadi data tersebut kosong atau belum ada data source.

  7. Untuk anda pemula dan baru pertama kali Cara Menghubungkan RAD XE5 dengan Database MySql Xampp menggunakan ODBC maka kita pada tab Machine Data Source jika ada notification ODBC System DSN Warning seperti dibawah ini hiraukan saja klik ok saja.
  8. Setelah menghiraukan notif warning pada tahap no 7 kita akan diarah sebuah dialog perintah untuk Create New Data Source pilih saja User Data Source (Applies to This Machine Only) dan klik Next 
    Usai mengklik Next kita akan diarahkan mencari Driver ODBC yang kita miliki, pada tutorial ini saya menggunakan ODBC 3.51 maka saya mencari Driver tersebut, untuk driver ODBC biasanya berada dibawah maka scrool kebawah lalu cari MySQL ODBC 3.51 Driver jika sudah ketemu seperti gambar dibawah ini klik Next dan klik lagi Finish.



  9. Nah lanjut ke tahap ini kita akan menyeting ODBCnya kita akan disuruh memberinama Data Source ODBC dan memasukan TCP/IP Server, Port, Username, Password serta Database kita,

    Untuk mengisinya Data Source Name kita isi dengan kemauan anda saja, description juga sama tereserah kemauan anda juga. Dan yang paling penting TCP/IP Server kita isi dengan localhost atau jika dengan angka 127.0.0.1 dan Port isi dengan 3306, lalu untuk user root, password jika tidak di utak atik Phpmyadminya biasanya biarkan saja secara kosong, untuk bagian Database pilih saja database yang ingin kita koneksikan dengan RAD misalnya.

    Jika anda kebingungan coba perhatikan gambar dibawah ini, saya nenberikan nama Data Source dengan naam Test, dan memilih nama Database sekolahh, jika tidak ada kendala maka ketika kita mengklik test maka akan muncul notif Connection Succesfully.
    Jika gagal atau kurang paham apa yang saya maksud adalah sesuaikan dengan settingan pada Phpmyadmin serta settingan yang ada pada Xampp yang anda punya, untuk lebih jelasnya silahkan perhatika gambar dibawah ini, saya memberikan beberapa tanda panah agar anda paham apa yang saya maksud.


  10. Jika sudah sukses Connection Succesfully seperti pada tahap no 9 maka kita simpan settingan tersebut dengan cara klik ok hingga pada list Data Source ODBC bertambah contohnya saya ini tadi saya membuat nama Data Source dengan nama test maka akan bertambah juga di Data Siurce OBC dengan nama test juga.

    Nah karena sudah ada sekarang Data Source yang sudah kita buat kita tinggal memastikan saja Data Source yang barusan kita buat. jika sudah dipilih maka klik saja Cancel, seperti gambar dibawah ini


  11. Untuk kembali memastikan sesusai mengklik tombol cancel pada tahap no 10 kita akan kembali diarahkan pada tahap no 6, tetapi pada tahap ini kita pilih Use Data Source Name karena kita sudah membuat Data Sourcenya dan pilih nama Data Source yang telah kita buat jika sudah klik Test Connection, jika ada notif Test connecion succed berarti benar-benar sudah terhubung antara RAD  dengan Database MySQL, dan klik ok saja.

  12. Usai mengklik ok maka secara otomatis dialog pada tahap no 5 akan terisi menjadi sebuah huruf kode atau apalah syntax mungkin seperti gambar dibawah ini, jika memang sudah ada maka klik lagi ok dan selamat sekarang Project RAD XE5 sudah terhubung sekarang.

Nah saya rasa cukup jelas tahap-tahap diatas dan sebenarnya trik ini bisa kita membuat terlebih dahulu Data Source sebelum membuka RAD tapi bisa juga membuatny di dalam RAD tapi ya sudahlah sama saja. Ok untuk yang mau bertanya silahkan bertanya dikolom komentar dan jangan lupa buat mampir lagi dan baca-baca artikel blog ini jika ada keslahan mohon maaf dan mohon koreksinya akhir kata saya ucapkan salam sukses.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Menghubungkan RAD XE5 dengan Database MySql Xampp"

Post a Comment