Cara Menampilkan Database MySQL Pada Delphi dengan ADOTable


Cara Menampilkan Database MySQL Pada Delphi dengan ADOTable - Hallo guys, ketemu lagi pada artikel ini dan saya tak bosan juga sebagai catatan untuk saya sendiri untuk sekedar mengingatkan beberapa pengetahuan yang saya sedikit ketahui dan sekaligus berbagi pengetahuan untuk yang membutuhkan khusunya Delphi atau RAD.

Nah setelah saya membahas Cara Menghubungkan RAD XE5 dengan Database MySql Xampp  maka sekalian juga saya akan membahas Cara Menampilkan Database MySQL Pada Delphi dengan ADOTable, kita belajar dari awal yang mudah dulu yaitu dengan AdoTable yang hanya bermain di properties dan sangat berbeda dengan AdoQuery atau Zeos.

Saya jelaskan sedikit pengalaman saya waktu menggunakan AdoTable sebenarnya tutorial ini juga bisa di terapkan dalam menampilkan database dari Microsoft Acces juga, untuk menampilkan data dari database MySQL ataupun database Microsoft Acces sekali lagi ini hanya menampilkan menggunakan AdoTable berarti kita tidak bermain coding atau query melainkan hanya bermain properties.

Untuk yang penasaran bagaimana proses langkah langkahnya ok langsung saja kita mulai dan perhatikan langkah langkahnya dibawah ini dengan seksama:

  1. Tahap pertama tentunya kita membuka sebuah project Delphi yang sudah terkoneksi dengan database MySQL, jika project anda belum terkoneksi atau tidak tahu bagaimana caranya silahkan baca artikel Cara Menghubungkan RAD XE5 dengan Database MySql Xampp karena kalau tidak melalui cara koneksinya maka anda belum ada komponen - komponen yang diperlukan.

    Yaa... tidak kurang tidak lebih seperti gambar dibawah inilah sebuah project yang sudah terkoneksi ke database dan siap untuk menampilkan data dari database MySQL, dan pada form hanya terlihat AdoConnection.

  2. Untuk tahap no 2 kita tambahkan sebuah komponen yang kita bicarakan pada artikel ini yaitu AdoTable, untuk AdoTable biasanya tergabung di komponen dbGo, atau jika anda susah mencarinya ketikan saja "AdoTable" atau kata yang mendekati AdoTable di kanan atas textbox.

    Jika sudah ketemu drag atau tempatkan AdoTable pada Form yang ingin kita tampilkan sebuah database, ya contohnya seperti gambar dibawah ini. Biasanya AdoTable jika pertama kali dimasukan ke form akan mempunyai nama default yaitu AdoTable1 begitupun dengan komponen lainya.
      
  3. AdoTable sudah tersimpan kita atur propertiesnya cari properties dengan nama Connection dan isi dengan ADOConnection1 untuk menghubungkan ke database, karena AdoConnection bisa dikatakan merupakan media penghubung antara Database dengan Delphi. Untuk lebih jelasnya silahkan perhatikan gambar dibawah ini saya kasih tanda panah agar anda sedikit ada gambaran.

  4. Masih di proprties AdoTable, kita cari lagi nama properties dengan nama " TableName " biasanya ada di bawah maka scroll saja, cari  nama properties " TableName " dan isi textbox di sebelahnya dengan nama tabel yang ingin anda tampilkan dari Database, seperti contoh saya ini ingin menampilkan tabel dengan nama spp, jadi sesuaikan saja denggan keinginan anda.

  5. Kembali scroll keatas pada proprties AdoTable cari properties dengan anam Active biasanya paling atas, disebelah properties Active ada kata false kita ubah menjadi true dengan cara mengkliknya atau menceklistnya seperti gambar dibawah ini.


    Maksud dari perubahan dari false ke true adalah kita benar - benar mengaktifkan AdoTable untuk mengambil data tabel dari database, nah jadi jika anda ingin mematikanya klik atau ubah saja menjadi false.
  6.  Sudah mengatur AdoTable lanjut kita penambahan lagi komponen, kita tambahkan komponen DataSource, sama halnya dengan penambahan AdoTable jika tidak tahu dimana letak DataSource ketikan saja pada textbox sebelah kanan atas, atau biasanya terletak di tab Data Acces.

    Jika sudah ketemu klik atau drag tambahkan pada form seperti layaknya penambahan AdoTable.

  7. Lanjut ke pengaturan DataSource, pada DataSource perubahanya sangat simple sekali kita hanya mengarahkan untuk terkoneksi AdoTable, untuk mengatur menghubungkanya klik DataSet dan isi dengan AdoTable1, atau jika anda mempunyai lebih dari satu AdoTable maka tentukan saja keinginan anda AdoTable mana yang anda inginkan untuk terhubung ke DataSource yang anda maksud.

  8. Kita lanjut kenambahan wadah datanya, kita tambahkan DBGrid dengan cara sama halnya pencarian komponen yang bianya terletak atau terkelompok di tab Data Controls. Jika sudah ketemu DBGrid maka tambahkan dengan cara klik atau drag saja ke form yang anda inginkan maka DBGrid pun muncul secara default bewarna putih kotak.
  9. Kita atur properties DBGrid, untuk menampilkan data dari Database ke DBGrid kita atur Data Source yang berada di Properties di DBGrid, cari Data Source yang ada di DBGrid lalu isikan dengan DataSource1 seperti gambar dibawah ini, jika benar secara otomatis DBGrid akan menampilkan secara otomatis data dari table database, dan coba run atau tekan F9 di keyboard.

    Untuk mempercantiknya silahkan atur atur saja sesuai keinginan anda seperti Width sebuah kolom, text size, color dan lain lain pada DBGrid. 

Nah begitulah Cara Menampilkan Database MySQL Pada Delphi dengan ADOTable, seperti yang saya katakan hanya bermain dengan properties dan tidak ngoding, untuk lebih jelasnyab coba perhatikan gambar dibawah ini. Saya menunjukan bahwa saya berhasil menampilkan sebuah tabel spp dari Database MySQL.

Ok Guys cukup sekian tutorial Cara Menampilkan Database MySQL Pada Delphi dengan ADOTable dengan rasa hormat saya semoga artikel ini sangat bermanfaat bagi yang membutuhkan dan dapat mudah di pahami bagi yang membacanya, untuk mengakhiri artikel ini saya ucapkan terima kasih bagi yang sudah berkunjung pada blog saya ini semoga anda tidak bosan berkunjung lagi lain waktu dan akhir kata saya ucapkan salam Ngulik.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Menampilkan Database MySQL Pada Delphi dengan ADOTable"

Post a Comment