Cara Koneksi Database MS Access ke Delphi dengan Mudah


Cara Koneksi Database MS Access ke Delphi dengan Mudah - Pada artikel ini saya kembali akan membahas sebuah software yang sangat populer di dunia khususnya para Programmer desktop yang sering membuat sebuah aplikasi - aplikasi untuk tujuan tertentu, yang tak lain atau tak bukan adalah Delphi atau untuk generasi sekarang bertransformasi menjadi RAD.

Namun pada artikel ini saya tidak akan membahas bagaimana perkembangan Delphi dari jaman ke jaman tetapi saya akan memberikan sebuah turtorial bagaimana Cara Koneksi Database MS Access ke Delphi, setelah beberapa hari saya menjelaskan Cara Menghubungkan RAD XE5 dengan Database MySql Xampp  saya berpikir sekalian saja menghubungkan dengan Microsoft Acces.

Tutorial ini sebenarnya hampir sama dengan Cara Menghubungkan RAD XE5 dengan Database MySql Xampp tetapi tentu saja kita memerlukan sebuah Xampp atau Wampp melainkan disini Microsoft Acces sesuai judul.

Nah bagi kalian yang ingin tahu bagaimana Cara Koneksi Database MS Access ke Delphi seilahkan simak tahap - tahap singkatnya dibawah ini:
  1. Kita agar lebih tertata dengan sangat rapih silahkan membuat sebuah database dari Microsoft Acces ya setidaknya hanya sekedar tabel 1 dan beberapa kolom dan isi, jika tidak tahu bagaimana cara membuanya silahkan simak Cara Membuat Database dan Relasi di Microsoft Acces dengan Mudah, anda hanya perlu membuat tabel saja sebagai contoh dan tidak perlu sampai pembuatan relasi.

    Untuk lebih jelasnya saya kasih contoh seperti yang saya telah buat ini sebagai gambaran saja,


    jika sudah silahkan simpan atau save saja database tersebut di tempat yang anda inginkan lalu close atau tutup database tersebut agar tidak ada konflik antara Delphi dan MS Acces tersebut nantinya ya sebagai jaga - jagalah.
  2. Kita buka atau open software Delphi atau RAD kesayangan anda dan buatlah sebuah Project baru dengan cara klik File -> New -> VCL Forms Application - Delphi, maka akan muncul tamnpilan Blank page atau form sebagai rangkanya kita menyimpan beberapa komponen RAD tersebut.

  3. Setelah itu kita gunakan komponen AdoConenction di RAD sebagai media penghubung antara database dan RAD, silahkan kamu cari komponen tersebut di tab komponen dbGo dan klik  AdoConenction, lalu klik lagi atau drag menuju form rangkanya hingga ada icon AdoConnection berada di form seperti pada gambar dibawah ini.
  4. Setelah AdoConnection terpasang di form kita setting terlebih dahau AdoConnectionya dengan cara klik dua kali AdoConnection supaya muncul sebuah kotak dialog yang berisi sebuah pilihan Connection String atau bisa juga kita memlih/klik properties dan klik ConnectionString.
  5. Pada tahap ini kita klik Build dan pada tab Provider kita pilih Microsoft Office 12.0 Acces Database Engine OLE DB Provider lalu pilih Next >> .
  6. Setelah klik Next >> kita akan diarahkan ke tab Connection yang menampilkan beberapa textbox yang harus kita isi, yang harus kita isi adalah textbox Data Source, pada textbox tersebut kita isi dengan path database yang telah kita buat pada tahap no pertama.

    Sebagai contoh saya menyimpan database Microsoft Acces dengan path 
    C:\Users\Firman\Desktop\acces rad\KONEKSI RAD.mdb maka pada Data Source isi dengan path tersebut, jika sudah mengisi dengan path database maka test saja dengan cara klik Text Connection jika muncul notif Test connection succeeded maka path tersebut benar dan database tersebut ada. 

  7. Jika sudah mengeceknya maka sudah selesai kita tinggal close dengan cara klik saja ok terus - terusan hingga ke form awal atau rangka, dan selamat project Delphi atau RAD anda sudah terhubung dengan Microsoft Acces database anda.
Ok cukup sekian tutorial tahap - tahap Cara Koneksi Database MS Access ke Delphi semoga dapat bermanfaat bagi yang membutuhkan, saya ucapkan terima kasih sudah mau berkunjung dan membaca artikel ini dan jangan lupa berkunjung lagi lain waktu serta lihat - lihat artikel lainya dan akhir kata saya ucapkan salam sukses.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Koneksi Database MS Access ke Delphi dengan Mudah"

Post a Comment