Sejarah dan Berkembangnya Internet


Sejarah dan Berkembangnya Internet - Internet mula-mula dikenal pada tahun 1969 oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat (US Defense), dengan naman program riset ARPAnet (Advanced Research Agency). Pada riset tersebut targetyang ingin dicapai sebenarnya untuk membuat sesuatu jaringan komputer yang tersebar untuk mengjindari pemusatan Informasi di satu titik yang di pandang rawan untuk dihancurkan apabilaterjadi peperangan.
Pada tahun 1990 an, ARPAnet pecah jadi dua jaringan, yaitu ARPAnet dan Milnet. Walaupun  pecah menjadi dua jaringan, keduanya masih berhubungan. Hubungan keduanya tersebut dinamakan DARPA internet, yang selanjutnya dikenal dengan Internet.

Pada perkembangannya tidak hanya digunakan untuk kepentingan  pertahanan/militer daja tetapi berkembang di bidang akademis. Empat tempat yang dibangun jaringan internet untuk kepentingan akademis adalah:

  • Stanford Research Institute (SRI)
  • University of California at Santa Barbara (UCSB)
  • University of California Losa Angeles (UCLA)
  • University of Utah

Pada tahun 1986 terdapat perkembangan internet yaitu adanya hubungan jaringan antar komputer milik para periset di seluruh negeri. Hubungan ini dinaungi oleh NSFNET  (Nasional Science Foundation Network). Karena perkmbanganya yang sangat pesat NSFNET mampu mengganti peranana ARPAnet, sehingga pada tahun 1990 ARPAnet resmi dibubarkan. Menyusul pembubaran ARPAnet dan berkembangnya NSFNET berdirilah jaringan International. Beberapa Negara yang bergabung pada jaringan ini antara lain Australia, Inggris, Perancis, Neagara-negara Skandivia, Jerman, Kanada, dan Jepang.

Ringkasan Sejarah perkembangan internet adalah sebagai berikut:
  1. Tahun 1960: ilmuan komputer melakukan riset untuk menghubungkan beberapa sistem pada jaringan.
  2. Tahun 1969: ARPANET (DoD Advance Research Project Agency) telah berhasil. menghubungkan UCLA, University of California di Santa Barbara, University of Utah dan Standford Research Institute. 
  3. Tahun 1975: Penganturan internet dialihkan ke US Defense Communication Agency.
  4. Tahun 1979: USENET mulai menawarkan sistem konferensi secara broadcast dari newgroup.
  5. Tahun 1981: BITNET (Because It's Time Network) mulai menawarkan e-mail dan daftars erver distribusi informasi. CSNET (Computer Science Network) menawarkan dial-up service untuk e-mail. Pada saat itu orang-orang sudah dapat mengakses internet menggunakan komputer desktop.
  6. Tahun 1982: TCP/IP (Transmission Control Protocol/ Internet Protocol) menjadi standar untuk komunikasi jaringan pada ARPANET.
  7. Tahun 1983: MILNET dan DDN (Derfense Data Network) memisahkan diri dari ARPANET.
  8. Tahun 1984: diperkenalkanya sistem Domain Server Name (DSN).
  9. Tahun 1988: Robert Morris, Jr. menggunakan "worm" untuk pertama kalinya ke internet.
  10. Tahun 1990: CERN (the European Particle Physics Laboratory in Switzerland) mengembangkan World Wide Web.
  11. Tahun 1993: Presiden Clinton menjadi presiden pertama yang menggunakan pengiriman surat secara elektronik dengan alamat president@whitehouse.gov.
  12. Tahun 1994: Digital video dan audio ditransmisikan melalui internet. 


Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Sejarah dan Berkembangnya Internet"

  1. bermaanfaat gan artikel nya, saya jadi lebih tau apa itu internet

    ReplyDelete