Pertumbuhan dan Pemanfaatan Internet


Pertumbuhan dan Pemanfaatan Internet 
  • Pertumbuhan internet sampai saat ini berkembang pesat. Jumlah pengguna internet tanggal 30 September 2009 mencapai 1,733,993,741. Jumlah pengguna internet dapat diamati berikut ini. 
  • Pemanfaatan Internet, internet dapat memberikan manfaat pada hampir semua bidang kehidupan. Manfaat penggunaan internet antara lain:
  1. Bidang akademis
    Dengan adanya internet, bermacam-macam referensi, jurnal, maupun hasil penelitian yang dipublikasikan melalui internet tersedia dalam jumlah yang sangat banyak. Pelajar tidak perlu mencari buku di perpustakaan sebagai bahan untuk mengerjakan tugas-tugas sekolah. Cukup dengan memanfaatkan search engine, materi yang relevan dan lebih up to date dapat segera ditemukan. Penggunaaninternet juga memungkinkan adanya kegiatan belajar jarak jauh, karena sarana internet tidak mengenal batasan geografis.
  2. Bidang ekonomi dan bisnis
    Kegiatan bisnis dapat dilakukan secara lintas negara di mana pelakunya tidak perlu berpergian ke tempat di mana rekan bisnisnya berada. Hal ini disebabkan karena adanya e-commenrce.
  3. Bidang keagamaan 
    Dalam bidang keagamaan. Internet dimanfaatkan untuk sarana dakwah maupun diskusi-diskusi keagamaan, misalnya IsNet (Islam) maupun Parokinet (Katholik) telah lama beroperasi dan memberikan manfaat yang besar untuk umat. Kegiatan pengumpulan zakat dan infak juga dapat dilaksanakan secara cepat.
  4. Bidang sosial
    Internet memberikan banyak kesempatan untuk kamu yang suka bersosialisasi dan mencari sahabat. Dengan menggunakan chat room maupun e-mail, kamu dapat menjanlin komunikasi dengan teman-temanmu di seluruh penjuru dunia dengan biaya relatif yang murah dan dalam waktu yang sangat singkat.
  5. Bidang komunikasi
    Kehadiran teknologi VoIP (Voice over Internet Protocol) memberikan manfaat yang sangat besar, yaitu pengguna telepon tidak perlu menggunakan biaya sambungan internasional sangat mahal untuk menghubungi rekan bisnis maupun keluarga di luar negeri.
  6. Bidang kesehatan 
    Internet menyediakan banyak hiburan untuk pengguanya. Kamu dapat bermain game dengan lawan dari negara lain melalui jaringan internet, dengan memanfaatkan game server. Kamu yang suka musik juga dapat mendapatkan klip-klip MP3 dari lagu-lagu favorit dengan mudah.
Banyak kegunaan yang mengguntungkan yang didapatkan dari ineternet dalam semua bidang diantaranya:
  • Sebagai media komunikasi, dimana informasi yang di dapat lewat internet didapatkan lebih mudah, cepat, murah dengan jangkauan global.
  • Sebagai media untuk melakukan promosi jasa maupun barang.
  • Sebagai media untuk melakukan komunikasi interaktif.
  • Sebagai alat research and development.
  • Sebagai media untuk melakukan pertukaran data.

    Subscribe to receive free email updates:

    0 Response to "Pertumbuhan dan Pemanfaatan Internet "

    Post a Comment