Penjelasan Konsep Internet dan Dari Berbagai Aspek


Penjelasan Konsep Internet - Internet (Inter-Network) merupakan sekumpulan jaringan komputer yang mneghubungkan situs akakdemik, pemerintah, komersial, organisasi, maupun perorangan. Internet menyediakan akses untuk akses untuk layanan telekomunikasi dan sumber daya informasi untuk jutaan pemakainya yang tersebar di seluruh dunia. Layanan Internet meliputi komunikasi langsung (email, chat), diskusi (Usenet news, email, mili), sumber daya informasi dan distribusi (World Wide Web, Gopher), remote login dan lalu lintas file (Telnet, FTP). dan aneka layanan lainya.

Komputer yang dilengkapi fasilitas Internet, langsung dapat berintraksi satu dengan yang lainya tanpa dibatasi wilayah atau tempat komputer tersebut berada. Kita dapata secara langsung mengetahui informasi-informasi tersebut. Dengan fasilitas internet yang ada kita juga bisa berkomunikasi dengan orang lain tanpa bertatap muka di satu tempat.

Internet dapat dimisalkan sebagai kota Elektronik yang sangat besar dimana setiap penduduk mempunyai alamat (Internet address) yang dapat digunakan untuk berkirim surat atau informasi. Jika penduduk berkeliling kota, cukup dengan komputer sebagai kendaranya. Jaringan jalanya di atas media telekomuniaksi. Jalur lambatnya menggunakan line telepon dan jalur cepatnya menggunakan leased line atau ISDN.

Secara umum internet adalah sebuah sistem komunikasi global yang menghubungkan berbagai mesin komputer dan jaringan-jaringan komputer di seluruh dunia. Mesin komputer tersebut dapat berupa server, PC, Handphone, PDA, dan lain-lain.


Istilah internet berasal dari bahasa latin yang berarti antara. Secara harfiah internet diartikan dengan jaringan anatara atau penghubung. Fungsinya dari internet adalah untuk menghubungkan satu sama lain. Dengan adanya internet kita bisa saling berkomunikasi.       

Pengertian dari Internet dapat ditinjau dari berbagai aspek yaitu:
  1. Aspek Ilmu Pengetahuan 
    Internet dianalogikan sebagai perpustakaan besar yang di dalamnya memuat jutaan (bahkan milyaran) informasi atau data yang dapat berupateks, grafik, audio, animasi dan lain-lain dalam bentuk elektronik. Setiap orang dapat berkunjung ke perpustakaan tersebut kapan saja dab dimana saja.

  2. Aspek Komunikasi
    Internet merupakan sarana yang sangat efisisen dna efektif untuk melakukan pertukaran informasi jarak jauh, maupun dalam lingkungan perkantoran.
  3. Aspek Sumber Daya Informasi
    Internet adalah seluruh manusi yang secara aktif berpartisifasi, sehingga membuat internet menjadi sumber daya informasi yang sangat berharga.
Selain kita kenal istilah internet, kita juga sering juga mendengar kata internet, Intranet merupakan jaringan computer dalam skala kecil yang menghubungkan beberapa beberapa komputer dalam satu lokasi tertentu. Intranet juga sering disebut LAN (Local Area Network). Pengertian intarnet menurut Khoe Yao Tung: " Intranet adalah LAN yang menggunakan standar komunikasi  dan segala fasilitas internet, diibaratkan berinternet dalam lingkungan lokal". 

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Penjelasan Konsep Internet dan Dari Berbagai Aspek"