Menghubungkan CodeIgniter Dengan Database MySql Xampp


Menghubungkan CodeIgniter Dengan Database MySql Xampp - Pada kali ini saya akan mencoba memberi tahu bagaimana cara Menghubungkan CodeIgniter Dengan Database MySql menurut saya cara menghubungkanya cukup membuat pusing untuk bagi pemula karena ada beberapa penambahan syntax dan juga ada perubahan-perubahan pengaturan pada autoload

Tetapi pada artikel ini saya akn mencoba menjelaskan secara singkat bagaimana cara Menghubungkan CodeIgniter Dengan Database MySql  akan terlihat mudah dan simple, untuk memulai tahap ini adi wajibkan anda sudah mempersiapkan sebuah database yang telah di buat berserta tabel dan baris dan tentunya menggunakan Xampp. Seperti saya ini saya kasih contoh hanya mempunyai 1 database 1 tabel dan 3 kolom yang berisi setidaknya beberapa data, nah untuk melihat langkah-langkahnya silahkan perhatikan di bawah ini:
  1. Kita cari tahu dulu password dan usernamenya dulu databse yang anda punya untuk nantinya kita akan ada perubah pada controller codeigniter untuk mengecek username dan passwordnya masuk http://localhost/phpmyadmin/ dan pilih tab User accounts, maka akan terlihat ada username dan passwordnya untuk mengakses database tersebut jika Password kosong atau tidak di isi maka statusnya akan " no ".

  2. Ok sudah kita cek maka kita langsung saja buka codeigniter yang anda punya silahkan mau menggunakan notepad atau apapun asalkan yang menurut anda enak di gunakan saya disini menyarankan sublime.
  3. Ubah sytax file dari database.php yang terletak di application/config/database.php dan sesuaikan disana isi kolom kolom nama database, username dan password yang anda tuju seperti gambar dibawah ini saya mencoba mengakses database sekolahh menggunakan username = root dan password saya tidak isi atau kosong maka biarkan saja atau kosongkan saja selain itu jangan sampai lupa hostnamenya isi dengan localhost .

  4. Usai tahap no 3 kita masih di folder config sekarang kita masuk ke file autoload.php dan cari " $autoload['libraries'] = array(); " jika sudah eketemu maka pada tanda array () kita lakukan perubahan yang awalnya dari " $autoload['libraries'] = array(); " kita ubah menjadi " $autoload['libraries'] = array('database'); " atau dengan kata lain menambahkan " 'database' " ada dalam kurung.

  5. Selanjutnya membuat file pada folder application/models, buatlah sebuah file berekstensi .php dan isikan dengan syntax di bawah ini 

    <?php

    defined('BASEPATH') OR exit('No direct script access allowed');

    class db_model extends CI_Model {

    public function ambil(){

    }
    dan beri nama file terserah anda dan yang paling penting harus di ingat nama file harus sama dengan nama classnya coba perhatikan gambar dibawah ini saya menamakan file tersebut db_model dan save di dalam folder models dengan berekstensi .php berarti menjadi db_model.php

  6. Untuk memulai pemanggilan dari nama tabel mana yang akan kita select atau pilih dari database kita di wajibkan menambahkan sebuah syntax pemangggilnya dengan format return " $this->db->get('nama_tabel'); " saya kasih contoh, saya mempunyai tabel dari database dengan nama tabel tersebut "spp" berarti menjadi  $this->db->get("spp"); " dan sytax tersebut tepat di letakan di dalam syntax class tersebut seperti gambar dibawah ini dan jika sudah maka save saja atau biasanya dengan ctrl+s

  7. Jika sudah melewati tahap ke 6 itu artinya sudah membuat model lanjut ke controller kita akan menambahkan sebuah function yang nantinya akan kita sambungkan ke model, jika anda tidak tau file controller itu gunanya untuk apa silahkan pelajari terdahulu Cara Merubah dan Mengganti Halaman Awal Welcome di CodeIgniter. Fokus ke controller terlebih dahulu di controller kita tambahkan function construct tepat dibawah class Welcome seperti gambar dibawah ini.

  8. Pada public function construct kita wajib menambahkan " $this->load->model('nama_file_di_model'); " dan di public function index kita tambahkan juga " $variable_di_model ['variable_untuk_html'] = $this->db_model->ambil()->result(); " serta tambahkan "$this->load->view('home', $variable_di_model);". Cukup pusing memang tapi coba perhatikan gambar dibawah ini saya akan menunjunkan dibagian mana saja yang kita samakan, pada gambar dibawah ini saya mempunyai variable $spp pada file model dan memberi variable "user" pada controller untuk nantinya penempatan di html.
    Ingat sesuaikan dengan nama variable yang anda buat atau anda inginkan silahkan berteliti dengan baik memperhatikan gambar diatas, jika sudah memastikan sudah benar save atau simpan saja controllernya.


  9. Hampir selesai lanjut kita ke file tampilan yang terletak di dalam folder view pilih file atau tampilan data dari database yang ingin anda tampilkan saya kasih contoh saya akan menampilkan pada halaman awal controller saya yaitu dengan nama file home.php dan maka dari itu saya hanya mengedit file home.php. Untuk menampilkanya kita membutuhkan syntax php dan mengapit html dengan format:
    <?php foreach($user as $a){ ?>
    --------Coding HTML-----------

    <?php } ?>

  10. Melanjutkan penjelasan no 9 maksud dari syntax php yang mengapit html tapi kita menambahkan syntax php juga pada tag html yang ingin anda tampilkan maksudnya adalah syntax php tersebut bertugas untuk bisa dikatakan mengelompokan variable dari mana sampai mana variable dari controller yang akan digunakan pada coding html. Pada " <?php foreach($user as $a){ ?> " kita mengubah variable lagi dari awalnya $user menjadi $a untuk lebih mudah di ingat tetapi dan ingat sesuaikan saja variable $user dengan variable yang ada di controller, jadi peraturanya bisa dikatakan ketika pindah ke html maka ganti lagi variablenya.
    Gimana pusing penjelasanya?, coba perhatikan gambar dibawah ini saya mempunyai sebuah database dengan nama tabel spp dan mempunyai nama kolom nis, nama dan tanggal_lhr jadi di setiap tag <td> saya menambahkan " <?php echo $a->nama_kolom_yang_ingin_di_tampilkan ?> "
    atau lebih jelasnya seperti gambar yang satu ini coba perhatikan dengan baik-baik dengan pelan pelann


  11. Saya ingatkan kembali pada tahap menampilkan ini yang paling harus di ingat adalah penggunaan variable dari controller yang harus tepat atau sama antara controller dengan di html kalau tidak sama bisa menyebabkan error, saya kasih contoh saya mempunyai variable "user" di controller dan maka dari itu di html pun dengan variable $user dan mengubahnya menajdi variable $a pada saat mau menampilkan ke bentuk html, seperti gambar dibawah ini

  12. Jika sudah memastikan variable benar dan merasa yakin sudah sama apa yang saya paparkan pada artike ini silahkan coba run di browser dan tentunya page mana yang anda akan tampilkan, seperti saya ini akan menampilkan di halaman awal codeingniter maka dengan mengunjungi atau mengetik di di address bar dengan format "http://localhost/ci/" jika benar maka browser anda akan menampilkanya seperti saya ini.

Cukup sekian tutorial pada artikel ini jika ada pertanyaan dan kebingungan gagal silahkan berkomentar pada kolom komentar dibawah ini, jangan menyerah bila gagal atau error mulu namanya juga belajar. Untuk yang sudah berkunjung terima kasih sudah mau berkunjung dan janagn bosan bosan berkunjung lagi lain waktu dam anda jika berkenan mau berdonasi pada blog sederhana saya ini silahkan mengklik iklan hanya dengan 1x klik pada 1 iklan saja dan jangan banyak banyak dan saya ucapkan salam sukses.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Menghubungkan CodeIgniter Dengan Database MySql Xampp"

Post a Comment