Cara Menghilangkan Index.php Pada CodeIgniter


Cara Menghilangkan Index.php Pada CodeIgniter - Pada artikel ini saya akan melanjutkan membahasa mengenai Framework CodeIgniter setelah sebelumnya membahas Cara Merubah dan Mengganti Halaman Welcome di CodeIgniter dan saya kembali akan membagi tutorial Cara Menghilangkan Index.php Pada CodeIgniter. Untuk memahami dari postingan ini saya harap anda melihat terdahulu agar postingan Cara Merubah dan Mengganti Halaman Welcome di CodeIgniter.

Menghilangkan index.php jadi yang awalnya "http://localhost/ci/index.php/welcome" ingin menjadi "http://localhost/ci/welcome", tetapi malah error. Tujuan menghilangkanya adalah bermaksud untuk memperpendek panggilan controller agar lebih mudah dan cepat tentunya, nah bagi yang ingin tahu atau penasaran bagaima cara menggantinya silahkan baca baik-baik tahap-tahapnya di bawah ini:

  1. Kita pastikan terlebih dahulu dengan memanggil atau mengetik di address browser dengan format "http://localhost/namacontroller/welcome" dan enter atau kunjungi alamat tersebut. Lalu tampilanya akan erro jika belum anda apa-apakan controllernya seperti gambar dibawah ini.

  2. Pada tahap pertama ya memang error, pada tahap kedua ini mari kita edit frameworknya. Untuk merubah atau menghilangkan index.php kita di haruskan terlebih dahulu buka file config.php yang terletak di C:\xampp\htdocs\ci\application\config/config.php , nah yang file config.php nya kita buka dengan aplikasi atau softaware pendukung ekstensi .php. Jika sudah dibuka tampilanya akan seperti dibawah ini.


  3. Laku kita cari " $config['index_page'] = 'index.php'; " lalu hilangkan index.php dan sepatutnya menjadi " $config['index_page'] = ''; " coba perhatikan gambar dibawah ini.

  4. Jika sudah di hilangkan index.php pada file config.php lalu simpan atau save saja file tersebut tak perlu ganti nama file hanya simpan saja. Jika sudah di simpan atau save selanjutnya kita run dengan mengetikan "http://localhost/namacontroller/welcome" jika masih error berarti kita harus menambahkan sebuah file htaccess.
  5. Untuk menambahkan htaccess kita akan membuatnya dengan cara membuat file baru bernama .htaccess tanpa berekstensi dan isikan dengan text:
    <IfModule mod_rewrite.c> 
    RewriteEngine On
    RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} -f [OR]
    RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} -d
    RewriteRule ^(.+) - [PT,L]
    RewriteRule ^$ index.php [L]
    RewriteRule ^(.*)$ index.php/$1 [L]
    </IfModule> 
    Untuk lebih pastinya seperti gambar dibawah ini
  6. Jika sudah seperti gambar pada tahap no 5, save saja dengan nama file ".htaccess" dan tidak perlu memberikan ekstensi apapun simpan di directory C:\xampp\htdocs\ci, seperti gambar dibawah ini

  7. Jika sudah di simpan .htaccessnya coba run di address bar browser sekang dengan format "http://localhost/ci/welcome" maka seharusnya sudah berhasil seperti gambar dibawah ini.
    Apabila masih saja tidak bisa, coba perhatikan baik-baik penyimpanan htaccessnya atau penulisan syntax htaccesnya dan juga tentunya file config.phpnya sudah benar atau belum.


Cukup sekian kali ini mengenai Cara Menghilangkan Index.php Pada CodeIgniter , untuk melanjutkan tutorial lainya silahkan kunjungi lain waktu lagi ke blog saya ini, jika ada pertanyaan silahkan bertanya jangan sungkan-sungkan dan berkunjuglah lain waktu dan akhir kata saya ucapkan salam sukses.

Subscribe to receive free email updates:

3 Responses to "Cara Menghilangkan Index.php Pada CodeIgniter "

  1. Bermanfaat gan kunbalnya ya
    http://parapantopel.blogspot.co.id/

    ReplyDelete
  2. kaalu mau ganti index.html di web server bagaimana ya gan?

    ReplyDelete