Cara Membuat Database di Xampp dengan Mudah

Cara Membuat Database di Xampp dengan Mudah - Secara singkat atau menurut saya pribadi xampp bisa dikatakan adalah perangkat yang menggabungkan tiga aplikasi kedalam satu paket,yaitu Apache,MySQL,dan PHPMyAdmin. Xampp sendiri berguna untuk menyimpan database secara localhost yang lain artinya hanya berada atau di akses oleh komputer itu saja dan tidak bersifat online.

Dan bisa dikatakan sebagai perangkat untuk berlatih membuat database atau berekperimen dalam membuat sebuah project sebagai server untuk menyimpan data-data penting yang nantinya akan di tampilkan ke sebuah web atau aplikasi lainya.

Pada artikel ini saya akan berbagi tutorial Cara Membuat Database di Xampp caranya cukup simple dan mudah dan hanya sedikit berbeda dengan Membuat Database dan Relasi di Microsoft Acces, tetapi mungkin disini masih ada saja yang kebingungan bagaimana Cara Membuat Database di Xampp?. Untuk mempersingkat waktu mari kita perhatikan tahap-tahapnya dibawah ini:
  1. Point pertama yang harus di perhatikan adalah pastikan anda sudah menginstall terlebih dahulu Xampp pada komputer, laptop atau PC anda silahkan cek di Local Drive (c) dan cek apakah ada folder xampp, jika ada maka ,lanjutkan tahap kedua.
  2. Tahap ini adalah kita mari aktifkan terlebih dahulu Xamppnya, caranya cukup mudah buka Xamppnya dan hidupkan apache dengan cara klik start pada tombol sebelah kanan hingga tombol tersebut menjadi caption stop, begitupun sama klik start  juga pada MySQL dan pastika tombolnya sudah mengganti captionya menjadi stop.

  3. Jika sudah mengaktifkan seperti langkah no 2, lalu kita buka Browser terseah amau Mozila Firefox ataupun Google Crome asalkan jangan Internet Explorer takut tidak maksimal pada saat membuka phpmyadmin.
  4. Setelah membuka atau menjalankan Browser pada PC anda ketikan pada address bar Browser tersebut " http://localhost/phpmyadmin/ " dan tunggu beberapa detik hingga memunculkan dashboard phpmyadmin seperti pada gambar dibawah ini, jika tidak/berbeda hasil tampilan dari Browsernya berarti salah dalam mengetikan linknya.

  5. Lanjut ke tahap pembuatan databasenya, pada dashboard phpmyadmin klik new pada bagian di sebelah kiri. 
    Dan tunggu beberapa detik hingga memunculkan tampilan baru seperti gambar dibawah ini, pada textbox Database Name kita isikan nama Database yang akan kita buat jadi terserah kalian saja sebagai contoh ini saya akan membuat Database sekolah maka saya akan menamakan databasenya sekolah dan jika sudah terisi langsung saja klik cretate untuk membuatnya.

  6. Tunggu beberapa detik lagi hingga benar-benar tersimpan nama databasenya, jika sudah tersimpan phpmyadmin akan menyuruh kita unuk membuat sebuah tabel silahkan berinama tabel yang adan butuhkan atau inginkan dengan cara mengisikan text pada textbox name.

    Saya kasih contoh lagi saya memberikan nama tabel dengan nama spp seperti gambar dibawah ini yang saya kasih tanda panah, dan jangan lupa untuk mengisikan berapa kolom yang anda inginkan, untuk mengisikan berapa kolom yang dibuthkan ketikan saja pada bagian textbox number of colums dan ketikan jumlah berapa kolom yang di inginkan. Jika sudah memberi nama tabel klik saja Go dibagian sebelah kiri dan secara otomatis akan tersimpan nama tabel tersebut.

  7. Dan isikan nama-nama kolom yang di inginkan seperti pada gambar ini, dan jangan lupa pula mengisikan Type, Length/Values.
    Saya kasih contohnya nis merupakan angka jadi pilihlah INT, nama merupakan text jadi isikan Varchar sedangkan tanggal lahir maka isikan Date dan isikan Length/Values dengan angka 255 sebagai jumlah karakter maksimalnya. Untuk menambahkan jumlah kolom perhatikan diatas ada textbox ketikan jumlah kolom yang ingin ditambah dan klik Go.


  8. Perhatikan satu-satu nama kolom apakah sudah benar dalam penulisan atau pengisianya dan jika sudah benar dan selesai scroll kebawah klik saja save yang berada paling bawah, seperti yang saya tandai warna merah pada gambar dibawah ini.

  9. Jika sudah menyimpanya phpmyadmin akan menampilkan tampilan baru, menampilkan hasil pengaturan nama-nama kolom seperti pada gambar dibawah ini merupakan hasil yang saya buat.

  10. Nah lakukan pembuatan tabel baru dengan apa yang adan inginkan atau butuhkan dengan cara klik new pada sebelah kiri 
  11. Untuk melihat berapa tabel yanga anda telah buat klik saja nama databasenya maka anda akan melihat jumlah tabel yang telah anda buat pada database tersebut.

Jadi bagaimana sudah mengerti atau belum?, nah begitulah Cara Membuat Database di Xampp secara simplenya, seperti yangsaya katakan cukup mudal yang perlu diperhatikan hanya ketelitian dalam penulisan membuat tabel.

Cukup sekian tutorial kali ini saya ucapkan terima kasih sudah mau berkunjung ke blog sederhana saya ini dan jangan lupa untuk berkunjung balik, untuk berdonasi menegmbangkan blog ini agar lebih maju silahkan klik iklan 1x saja cukup pada blog ini dan saya ucapkan salam sukses.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Cara Membuat Database di Xampp dengan Mudah"