Cara Insert Data Dengan CodeIgniter ke Database MySql Xampp


Cara Insert Data Dengan CodeIgniter  ke Database MySql Xampp - Setelah saya menjelaskan Menghubungkan CodeIgniter Dengan Database MySql Xampp beberapa saat lalu maka kurang lengkap juga kalau enggak membahas sekalian Cara Insert Data Dengan CodeIgniter  ke Database MySql Xampp. cara ini cukup simple dan sama seperti sebelumnya agak pusing tapi kalau di raba-raba dilihat-lihat memang cukup simple menambahkan function di model dan tentunya juga menambahkan function juga di controller yang nantinya akan kita sambungkan ke HTML.

Ok untuk mempersingkat waktu dan tidak membuat anda penadaran silahkan tahap-tahapnya dibawah ini:
  1. Coba pastikan dahulu sudah mempersiapkan sebuah database yang nantinya untuk menginput databasenya atau jika tidak tahu cara membuatnya silhakan baca-baca disini Cara Membuat Database di Xampp dengan Mudah, dan tentunya sudah dipastikan terhubung antara CodeIgniter dengan databasenya dan jika tidak tahu juga cara menghubungknya silahkan baca-baca juga langakh-langkahnya disni Menghubungkan CodeIgniter Dengan Database MySql Xampp dan di wajibkan tentunya untuk memahami letak-letak file controller dan file model jika tidak tahu juga silahkan simak Cara Merubah dan Mengganti Halaman Awal Welcome di CodeIgniter.
  2. Jika tahap pertama atau awal anda sudah anda lewati sekarang tahap kedua kita menyisipkan sebuah syntax pada file model dengan syntax dan format:
    public function nama_function($variable){
    $this->db->insert('nama_tabel',$variable);
    }
    Seperti saya ini memberikan sebuah nama function dengan nama "prosinput", memberi variable "$data" dan memasukan nama tabel "spp" coba perhatikan gambarnya dibawah ini:


  3. Usai menambahkan sebuah function pada model lanjut kita wajib menambahkan juga function pada Controller buka file controller anda dan kita di controller menambahkan syntax serta memainkan sebuah parameter dan variable: 
    public function input()
    {
           $var_function_input = $this->input->post('nama_kolom_tabel');
           $nama_parameter = array(
           'name_dari_html' => $var_function_input
            );
            $this->nama_model->nama_function_model($nama_var_model);
            redirect('halaman_yang_ingin_ditampilkan_usai_input');
    }
    Waduh bagaimana pusing bukan?, jika diperhatikan memang cukup pusing dan sulit tapi alangkah baiknya saja silahkan coba-coba dan sekaligus pahami maksud syntax diatas coba perhatikan gambar dibawah ini

    Nah pada gambar diatas saya memainkan parameter seperti yang saya katakan, saya mempunyai sebuah tabel dengan nama kolom nis, nama dan taggal_lhr saya sengaja menyamakan nama variable dengan name di html agar tidak pusing saya pun menyarankanya pada anda agar tidak pusing nantinya, jadi sesuaikan saja keinginan anda nama-nama variablenya.

    Scroll ke atas kita tambahkan pula syntax "$this->load->helper('url'); " di public function __construct() atau lebih jelasnya seperti gambar dibawah ini dan simpan.

  4. Lanjut kita ke tahap pembuatan HTML, tentunya kita membuat di halaman dimana form input akan di tampilkan silahkan di sesuaikan saja asalkan anda paham saja cara membuat sebuah form yang berisi tabel seperti biasa dan jangan lupa menyamakan namenya dengan variable controller saya kasih pandanganya
    <form action="<?php echo site_url('nama_contoller/nama_function') ?>" method="POST">
     <table>
         <tr>
             <td>nama_kolom</td>
            <td><input type="text" name="nama_var_controller"></td>
       </tr>
       <tr>
            <td></td>
            <td><input type="submit"></td>
        </tr>
      </table>
    </form>
    Perumpamaan saya mempunyai 3 kolom maka saya membuat tr 4 dan td 4 untuk menginput sekaligus submitnya seperti dibawah ini:
    Jika anda penasaran maksud saya silahkan samakan saja dulu dan coba pahami secara perlahan-lahan agar bisa mengerti maksud saya, yang terpenting adalah name dari table htm harus sama dengan nama variable di controller
    Nah mungkin gambar diatas mungkin bisa menjelaskan maksud saya secara singkatnya seperti itu agar tidak pusing dan saya katakan lagi name daro table html harus sama dengan variable function di controller, dan pastikan anda sudah sama seperti yang saya maksud, jika sudah maka simpan saja atau save

  5. Lanjut ke tahap no 5 kita membuka file config.php terletak di folder application/config/config.php dan cari " $config['base_url'] = '';" dan yang kosong tersebut kita ubah dengan base url codeigniter kamu seperti saya ini jika sudah save saja.

  6. Ok tahap no 6 sebenarnya tidak perlu-perlu amat, pada tahap no 5 sebenarnya sudah selesai tetapi kita bisa menambhkan sedikit seni atau notice jika kita sudah menginput data maka akan muncul sebuah notice berhasil caranya cukup mudah hanya menambahkna sebuah session pada controller, kita kembali ke file controller dan cari "public function __construct()" yang biasanya di paling atas lalu tambahkan "$this->load->library('session');
    Scroll kebawah cari public function yang bagian input lalu tambahkan "$this->session->set_flashdata('Message', 'Berhasil Input');" silahkan kamu kreasikan sendiri saja bagian 'Message','Berhasil Input' dengan kata-kata kamu. Jadi jika saya berhasil menginput maka notice "Berhasil Input' akan muncul dan jika sudah menambahkan simpan saja.
    Lanjut ke html letakan syntax ini "<h4 style="margin-left: 20px; color: red;"><?php echo $this->session->flashdata('Message');?></h4> " di dalam tabel itu merupakan kode HTML yang sudah saya kreasikan jadi jika anda ingin mengubah besar hurufnya atau warna textnya silahkan saja sesuai keimginan anda, jika sudah save saja.

Ok semua tahap sudah beres silahkan coba run project kamu jika tidak salah maka akan seperti yang saya punya ini, jika ada notif salah maka mungkin bisa jadi anda kurang teliti apa yang saya maksud di atas silahkan baca dengan baik-baik apa yang saya maksud, hal terpenting dari insert data ini mungkin permainan parameter variable yang cukup sulit jadi jangan sampai kebingungan ya.
Cukup sekian artikel Cara Insert Data Dengan CodeIgniter  ke Database MySql Xampp semoga dapat bermanfaat dan membantu bagi yang kesulitan dalam belajar CodeIgniter saya mohon maaf jika ada kesalahan dan ada sedikit hal yang kurang anda pahami. Jika ada pertanyaan silahkan berkomentar di blog dan postingan ini, saya ucapkan terima kasih sudah mau berkunjung dan jangan lupa berkunjung lagi lain waktu bila anda berkenan atau ingin berdonasi silahkan klik iklan1 ikaln 1x kik saja dan akhir kata saya ucapkan salam sukses. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Insert Data Dengan CodeIgniter ke Database MySql Xampp"

Post a Comment