Cara Merubah dan Mengganti Halaman Awal Welcome di CodeIgniter



Cara Merubah dan Mengganti Halaman Welcome di CodeIgniter - Pada kali ini saya akan kembali update atau membuat artikel yang khusunya artikel ini biasanya untuk para penyuka atau yang suka dunia Programming Web, CodeIgniter merupakan sebuah Framework yang bertugas untuk mempermudah pengerjaan atau membangun sebuah web untuk orang yang menggunakanya.

Sebeleum ingin Merubah dan Mengganti Halaman Welcome di CodeIgniter, ada hal wajib yang harus dilakukan adalah cara menginstall atau menempatkan Framework tersebut di Xampp yang sudah saya bahas pada artikel sebelumnya disini, bagi para pemula mungkin akan terasa pusing karena meubah dan mengganti akan terasa pusing disini kita akan membuat beberapa file .php dan disimpan di beberapa folder yang telah disediakan oleh Framework CodeIgniter sendiri.

Lalu bagaimana Cara Merubah dan Mengganti Halaman Welcome di CodeIgniter agar berhasil?, silahkan simak langkah-langkahnya yang akan di bahas dibawah ini:

  1. Kita pastikan terlebih dahulu apakah Framework CodeIgniter sudah terinstal, jika sudah terinstal pada gambar dibawah ini merupakan halaman utama atau halaman welcome yang akan kita ubah nantinya, pada browser kalian silahkan ketik, http://localhost/ci/index.php/welcome
    Ket: pada link http://localhost/ci/index.php/welcome ada kata ci merupakan sebuah nama folder atau nama Framework yang telah saya ubah yang awalnya dari CodeIgniter 3.4 mejadi ci agar lebih mudah pemanggilan di Browser, jadi silahkan sesuaikan, jika tidak paham silahkan baca terlebih dahulu cara menginstall atau menempatkan Framework  
  2. Lalu kita buka Folder Frameworknya kita cari file Welcome.php yang terletak di C:\xampp\htdocs\ci\application\controllers/Welcome.php, buka file Welcome.php tersebut seperti gambar dibawah ini.
    Maka ubahlah secara teliti bagian 
    public function index()

    $this->load->view('welcome_message');

    kita ubah menjadi public function index()
    {
    $this->load->view('home');
    Pastikan sudah benar-benar diubah dan jika sudah pasti di ubah save saja jangan kita ganti nama controllernya.
    Ket: kenapa meluis $this->load->view('home'); ? 'home' merupakan nama dari file yang akan kita buat di folder view untuk menampilkan halaman welcome yang baru agar nantinya tidak pusing dan benar-benar paham.  
  3. Apa tahap selanjutnya?, kita buat tampilan barunya masuk ke folder C:\xampp\htdocs\ci\application\views dan buatlah file baru berekstensi .php dengan nama home.php seperti nama yang telah saya buat pada tahap no 2, dan ketikan bahasa pemegroramman HTML yang mudah dulu agar benar-benar memastikan sudah benar seperti yang saya buat dibawah ini, jadi silahkan kreasikan sendiri tampilan baru sesuai keinginan anda.


  4. Kita coba buka browser lalu ketikan pada address bar http://localhost/ci/index.php/welcome , lihat hasilnya apakah sudah berubah atau belum tampilan awalnya, jika sudah berubah atau berhasil tampilan yang saya buat pada langkah-langkah artikel ini akan menjadi seperti gambar dibawah ini, untuk mendapatkan refrensi silahkan Framework CodeIgniter yang saya telah edit download disini.

Bagaimana tidak susah bukan?, perlu ketelitian dalam merubah halaman welcome pada Framework CodeIgniter yang terpenting adalah file berekstensi wajib .php dan syntax function pada controller welcome harus load file yang berada di folder view berekstensi .php juga yang akan kita buat sebagai tampilan pengganti halaman welcome.

Bagi yang kesusahan dan masih bingug silahkan berkomentar di postingan ini atau silahkan hubungi melalu fan page facebook saya siap membantu sebisa saya. Untuk yang sudah berkunjung pada Blog sederhana saya ini saya ucapkan terima kasih sebesar-besarnya dan jangan lupa berkunjung lagi lain waktu dan nantikan update postingan selanjutnya dan semoga bermanfaat postingan yang saya buat pada blog ini salam sukses.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Cara Merubah dan Mengganti Halaman Awal Welcome di CodeIgniter"

  1. mantep nih tutorialnya http://www.adefile.com/2017/05/pengalaman-jalan-jalan-ke-pantai.html

    ReplyDelete