Cara Video di Google Drive Muncul di Postingan Blog

Pada umumnya setiap blog mengambil video dari Youtube untuk di postingkan pada blog tetapi pada kali ini saya akan membagikan trik bagaimana cara membuat postingan artikel dapat menggambil/memunculkan sebuah video dari Google Drive, jadi nantinya kita bisa membuat sebuah video streaming pada sebuah artikel/postingan tetapi video tersebuat bukan berasal dari Youtube melainkan dari Google Drive, nah bagaimana caranya? kita simak dibawah ini cara caranya:

  1. Pada Langkah awal kita masuk dulu ke Google Drive atau bisa search di Google, dan tentunya pastikan anda mempunyai sebuah video yang akan ditampilkan di blog. Saya kasih contoh seperi gambar dibawah ini yang saya tandai warna merah merupakan target video saya yang akan saya tampilkan pada postingan blog.

  2. Pilihlah video yang akan anda share atau video yang ingin kamu munculkan pada postingan , lalu pilih Get Shareable Link, maka secara otomatis linkya akan tercopy ke clipboard.

  3. Pada tahap ketiga kita membutuhkan pihak ketiga yaitu sebuah situs yang bisa mengconvert videonya silahkan buka Sibeol.com .
    1. Kotak no 1 isi dengan link url dari video google drive atau link copi pada saat tahap no 2.
    2. Kotak no 2 kita isi dengan link subtittle, tetapi disini saya tidak akan menjelaskanya untuk subtittle.
    3. Kotak No 3 kita isi dengan link url foto, nantinya untuk poster videonya pada tampilan awal.
  4. Bila masih kebingungan lihat foto dibawah ini, seperti yang saya katakan pada tahap no 3, kotak no 1 isi dengan url video, kotak no 2 isi dengan link subtittle (disini saya tidak menggunakan subtittle maka kosongkan) dan kotak no 3 isi dengan link url poster untuk videonya nanti bisa dengan foto (saya disini  menggunakan foto dari hasil searching google.

  5. Jika sudah dan pastikan sudah dengan benar kita klik saja generate (foto dibawah saya kasih warna merah), scroll kebawah maka videonya akan muncul sebagai sample nantinya untuk muncul di postingan seperti gambar dibawah ini

  6. Untuk menampilkanya di postingan kita ambil atau copy script/sintak embednya tepat dibawah tombol generate atau diatas sample videonya. Cukup klik tombol copy text seperti yang saya tandai warna merah pada video dibawah ini


  7. Pada tahap ini kita sudah menggambilnya sebuah embed video, kita tinggal masukan saja pada postingan, kita masuk ke postingan yang ingin kita temple video tersebut pilih HTML


  8. Usai membuka HTML atau tempat edit HTML kita pastekan saja disana dan pastikan sintaknya tertata rapi dan pastikan dimana letak video yang anda inginkan saya kasih contoh pada gambar dibawah ini 
    Saya kasih tag <center> dan diakhiri </center> agar videonya tepat di tengah sebuah postingan, silahkan sesuaikan keinginan anda dengan mengedit jika kebesaran frame videonya widthnya diatur dan heighnya juga diatur.
  9. Kembali ke halaman Compose, maka akan muncul sebuah frame video yang siap di publikasikan seperti gambar dibawah ini


  10. Nah sebagai contohnya juga saya sudah mencoba dan berhasil cara ini, untuk membutikanya sekaligus lihat video dibawah ini, video dibawah merupakan video yang saya ambil dari google drive saya sendiri.
Bagaimana masih kurang paham atau gagal?, silahkan berkomentar dibawah atau silahkan hubungi saya via email melalui navigasi contact us di atas atau hubungi saya via facebook, tetapi saya harapkan anda dapat memahaminya dengan mudah, untuk yang berkunjung terima kasih berkunjung jangan lupa balik lagi berkunjung. Untuk mengakhiri artikel ini saya ucapkan Salam Sukses!.

Subscribe to receive free email updates:

4 Responses to "Cara Video di Google Drive Muncul di Postingan Blog"

  1. oh bisa yah ga usah pake youtube, baru tau terimakasih gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. tentu bisa gan, soalnya ane pernah ngeblog di blog streaming video/film gan
      btw gan makasih udah berkunjung :)

      Delete