Cara Menghapus atau Menyembunyikan Facebook Comments Plugin di Blog dengan Mudah



Pada kesempatan ini saya akan membagikan trik atau bahkan tips bagaimana cara menghapus Facebook Comments Plugin, Facebook Comments Plugin biasanya digunakan untuk berkomentar pada sebuah artikel dengan menggunakan akun facebook tanpa harus login ke gmail, tetapi ada kalanya blogger merasa blog mereka menjadi terasa berat atau lambat dalam loading memuat sebuah artikel.

Nah solusinya bagaimana kalau dengan cara menghapusnya?. lagi pula blogspot sudah menyediakan comment box tanpa harus menggunakan Facebook Plugin, untuk menghapusnya sangatlah mudah dan perlu mengerti setidaknya HTML/CSS saja cukup mari kita simak dibawah ini:


  1. Hal pertama yang harus kita ketahui adalah nama Class/Id Element yang ingin kita hapus, kita masuk ke salah satu artikel pada blog anda pilih saja mana, klik kanan pada Facebook Comments Plugin pilih Impect atau Impect Element, maka muncul beberapa class dan sintaks sintaks HTML dan CSS.
  2. Kita block Frame plugin facebook supaya tidak ada sisa class atau id yang tertinggal. Pastikan Frame dari Facebook Comments Plugin sudah terblock semua menjadi warna biru seperti gambar dibawah ini.

  3. Selanjutnya buka tab baru login ke blogger di www.blogger.com  , usai login pilih Tema lalu pilih Edit HTML saya kasih contoh lagi seperti gambar dibawah ini, oh iya untuk yang berbahasa inggris Bloggernya bisa sesuaikan saja seperti Tema dalam bahasa Inggris Theme, tetapi menurut saya dengan mellihat iconya saja sudah paham serta bantuan gambar dibawah ini

  4. Masuk ke menu kumpulan sintaks dari template yang anda gunakan banyak sekali class class tetapi pada tutorial ini saya akan hanya menghide saja atau menyembunyikan sebuah class jadi nantinya tidak muncul di blogg anda, ok kembali ke tab artikel blog kita ambil nama class/idnya dengan cara pastikan frame facebook comments plugin teblock semua seperti gambar tahap no 2 klik kanan pada class/id yang class/idnya lalu pilih Edit attribute, lalu copy nama attribute class/id tersebut klik kanan lagi dan copy

  5. Sesudah di copy maka kita tinggal pastekan di Edit HTML yang ada di blogger dengan cara kembali ke tab Edit HTML yang pada tahap no 3 kita tekan Ctrl+F akan muncul box kecil berada di sebelah kanan atas lalu pastekan nama id/class yang telah kita copy tadi lalu enter untuk mencari class/id di dalam edit HTML higga tercari di area CSS internalnya. Seperti gambar dibawah ini yang saya tandai warna merah sebelah kiri adalah CSS nya.

  6. Lalu tambhakan " position: absolute; top: -9999px; left: -9999px; " seperti penjelasan dibawah ini dengan nama classnya .fbbox-comments yang awalnya
    .fbbox-comments {
    box-sizing: border-box;
    -moz-box-sizing: border-box;
    background:#fff;
    border:1px solid #f0f0f0;
    margin: 0 0 20px;
    }
    dan menjadi .fbbox-comments {
    box-sizing: border-box;
    -moz-box-sizing: border-box;
    background:#fff;
    border:1px solid #f0f0f0;
    margin: 0 0 20px;
    position: absolute; 
    top: -9999px; 
    left: -9999px;
    }
    seperti gambar dibawah ini

  7. Jika sudah ditambahkan lalu kita simpan saja kita tinggal klik Simpan Tema yang bewarna orange yang berada diatas kota box htmlnya saya kasih tanda warana meraha pada gambar dibawah ini, tungga hingga benar benar tersimpan lalu lihat blogna apakah sudah terhapus apa belum.

Bagaimana mudah bukan?. Intinya adalah harus paham class/id html dan lihat di sintaks cssnya, ini juga berlaku untuk widget, untuk menghapus menu, menghapus navigasi dan lain lain. Sekian tutorial kali ini somga bermanfaat dan terima kasih sudah berkunjung dan jangan lupa berkunjung lagi lain waktu.



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Menghapus atau Menyembunyikan Facebook Comments Plugin di Blog dengan Mudah"

Post a Comment