Cara Membuat Database dan Relasi di Microsoft Acces dengan Mudah


Cara membuat relasi memang memang agak pusing atau amalh kebingungan juga untuk yang baru mendengarnya tetapi pada artikel ini saya akn mencoaba memandu bagaimana cara membuat database dan relasi menggunakan Microsoft Acces 2007, saya pandu dibawah ini hanya bagian dasarnya saja silahkan anda bisa kembangkan kembali dengan bebrapa primary key lebih dari satu atau silahkan kembali dengan tambahan tambahan kolom.


Untuk membuatnya tanpa ribet mari simak ulasanya dibawah ini silahkan:

  1. Hal pertama yang dilakukan yaitu kita emembuat databsenya dulu seperti biasa melalui klik Start lalu pilih Microsoft Office dan pilih Microsoft Acces atau yang lebih simplenya dengan cara klik start dan krtikan "Microsoft Acces".
  2. Pada tahap selanjutnya usai membuka Microsoft Acces Kita mewajibkan memebri nama untuk file tersebut sebagai contohnya saya memberikan nama file tersebut db_percobaan seperti gambar dibawah ini, kalau mau sama juga silahkan. Jika sudah memberi nama klik saja Create

  3. Karena kita membuat file database yang blank maka tampilan pun benar benar blank kosong tanpa ada kata sepatahpun, nah untuk menambahkan kolom untuk kategori seperti NIM, Nama Siswa dan lain lain.
  4. Tahap selanjutnya kita praktekan pembuatan kolomnya saat databsase masih blank, kita tambahkan dulu nama nama kolomnya seperti tahap no 3 yang saya sebutkan, pilih view pada sebelah kiri atas dan akan muncul sebuah box dan berisi sebuah text input, text input tersebut untuk memberi nama tabel tersebut, sebagai contoh saya menamai daftar_siswa. Jika sudah memberi nama klik saja ok.

  5. Untuk tahap selanjutnya usai klik ok, kita diarahkan kembali untuk membrikan nama nama kolom seperti NIS, Nama, Kelas, Tempat lahir dan Tanggal lahir, untuk NIS saya data typenya saya kasih auto number jadi nantinya akan memberi nomor otomatis atau silahkan juga bisa dengan pilih number, untuk Nama saya kasih type text, untuk kelas text, tempat lahir text juga dan yang terakhir tanggal lahir saya kasih date karena ini bersifat tanggal, kalau kurang paham lihat gambar dibawah ini 

  6. Jika sudah selesai tinggal klik view yang berada di atas kanan, dan jika ada muncul box notification konfirmasi penyimpanan nama tabel klik saja ok untuk menyimpanya

  7. Sudah disimpan kita akan dialihkan kembali ke tampilan awal database, disitu akan muncul beberapa kolom yang telah dibuat tadi seperti gambar dibawah ini, oh iya silahkan juga atur size atau ukuran lebar lebar tabelnya sesuai keinginan anda.

  8. pembuatan kolom sudah, kita isi dulu dengan data data yang anda inginkan isilah dengan sesuai data typenya NIS dengan number, Nama dengan text, Kelas text, Tempat lahir text juga dan yang terakhir Tanggal lahir date, atur atur saja atau mengarang seilahkan, saya kasih contoh seperti gamnbar dibawah ini. Saya kasih contoh 3 dulu saja.

  9. Setidaknya kita membutuhkan 2 tabel untuk membuat sebuah relasi, silahkan buat kembali tabel dengan cara klik pilihan create pada menu paling atas dan klik table pada pilihan selnajutnya yang berada di sebelah kanan atas, saya kaish tanda pada gambar dibawah biar jelas.

  10. Sama halnya dengan tahap no 4 hingga selesai no 8, tetapi silahkan bedakan nama tabelnya, misalkan tabel pertama itu daftar_siswa nah untuk tabel keduanya eskul_pramuka sebagai contohnya, nantinya kita buat daftar nama nama siswa yang ikut eskul pramuka.

  11. Isi juga dengan NIS, Nama (kalau tidak pake juga gak apa-apa) dan Keterangan sebagai contoh silahkan sesuakan seprti tambah nilau atau apa tapi ini saya hanya sebagai contohnya biar lebih jelasnya silahkan lihat gambar contohnya dibawah ini, sama halnya dengan tabel sebelumnya NIS type data  auto number, Nama type datanya text, dan keterangan text juga.

  12. Sama kembali dengan pembuatan tabel sebelumnya kita akan diperintahkan untuk menyimpan tabelnya klik ok juga untuk menyimpanya.
  13. Usai menyimpanya kita menampilkan sebuah perintah untuk memasukan data datanya, karena kita akan membuat sebuah relasi oleh karena itu kita kosongkan saja dan pilih saja Database Tool dan pilih Relationships.

  14. Nah kita sudah masuk ke menu relasi atau relationships kita tinggal klik dua kali saja pada nama tabel yang ingin direlasikan asalkan jangan double terbukanya takut nantinya kebingungan, jika sudah close saja perintah untuk menampilkan tabelnya.

  15. Sesudah close, tinggal drag saja kolomnya.. oh iya Relasi atau Relationship 1 hal yang harus diingat bahwa memerlukan yang namnya PK atau Primary key nah untuk itu tujuan saya membuat NIS adalah untuk atau agar tidak sama data data dengan yang lain.
    Untuk melakukan  Relasi di diharapkan dengan kolom yang sama dan nomor unik seperti saya ini antar NIS dan NIS silahkan darag antar tabel daftar_siswa kolom NIS drag ke tabel sebelahnya yaitu eskul_pramuka kolom NIS juga, hasilnya seperti dibawah ini tampilanya akan seperti diabwah ini jika sudah klik saja create.

  16. Ketika kita sudah memberi relasi, biasanya kita akan melihat sebuah tali hitam atara penghubung kolom yang berbeda tabel seperti dibawah ini 
  17. Nah, done selesai sebenarnya membuat relasi antara tabel, untuk memastikanya silahkan save terlebuh dahulu dengan Ctrl+S dan kembali ke tabel daftar_siswa tabel tersebut akan berubah dan akan memunculkan sbeuah tabel tambahan yang berisi dari tabel eskul_pramuka jika kita klik tanda + pada bagian kiri border tabel, seperti dibawah ini.

  18. nah silahkan isi saja tabel anak atau tabel pada tabel daftar_siswa tersebut dengan keterangan eskul, ketika kita menginput pada anak tabel tersebut kita juga secara otomatis akan mengisi tabel eskul_pramuka, begitupun sebaliknya.
Nah bagaimana mudah atau malah ribet atau bingung, jika kebingungan silahkan berkomentar diabwah atau hubungi saya melalui email melalui menu navmar Contact Us. Untuk mengakhiri artikel atau postingan ini saya ucapkan terima kasih sudah berkunjung dan jangan bosan untuk berkunjung lagi . Semoga postingan ini bermanfaat bagi si pembaca dan ucapkan terima kasih.



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Membuat Database dan Relasi di Microsoft Acces dengan Mudah"

Post a Comment