Cara Gampang Membuat Transparan Background Foto dengan Photoshop


Pada kali ini saya akan membagikan trik bagi para newbie atau yang tidak tau bagaimana cara menghilangkan background pada sebuah foto hingga menjadi transparan, pada umumnya trik ini bisa digunakan denan Photoshop versi apa saja, pada tutor ini saya akan menggunakan pen tool karena menurut saya pentool mudah digunakan serta mudah di control sehingga menghasilkan foto yang rapih. Untuk tau bagaimana cara membuat transparan background ikuti langkah - langkah dibawah ini:

  1. Persiapkan terlebih dahulu foto mana yang akan kamu eksekusi untuk membuat transparan backgroundnya.
  2. Buka atau open foto tersebut dengan photoshop, bukan photoshop dan tekan ctrl+o dan arahkan ke foto yang akan kamu edit dan pilih open, terserah mau photoshop apa saja yang terpenting kamu membunyai atau sudah terinstal photoshop di laptop atau pc kamu.

  3. Jika sudah terbuka lalu cari komponen photoshopnya disebelah kiri dengan nama komponen Pen Tool seperti yang saya tandai warna merah pada gambar dibawah ini

  4. Nah, lalu arahkan bagian mana saja yang ingin kamu hapus atau bagian yang dianggap kamu sebuah background dengan menggunakan pen tool dengan cara klik-klik saja bagianya hingga memunculkan titik titik pentol sebagai jejak.

  5. Jika pada tahap no 4 kurang paham intinya kita hanya melakukan titik-titik saja pada bagian yang ingin kita seleksi dan temukan atau sambungkan titik awal dan titik akhir hingga menjadi garis bewarna hitam seperti gambar dibawah ini.
     
  6. Tahap ke 5 sudah selesai menyambungkan maka klik kanan dan pilih Make Selection, maka akan membuka menu make selection jangn di utak atik lagi pilih saja langsung ok.


  7. Secara otomatis maka garisan warna hitam tersebut maka akan berubah mejadi garis putus putus dan gunakan komponen lain dengan memilih eraser tool, pilih area mana saja yang dihapus dengan cara mengesek gesekanya pada foto tersebut yang di dalam garis putus-putus jika sudah mengesekanya maka bagian yang telah tergesek akan berubah menjadi warna ke abu abuan seperti gambar dibawah ini.

  8. Jika sudah menghapus areanya maka kita simpan gambarnya dengan format png agar menjadi transparan, contoh namafoto.png. Kita save dengan menekan ctrl+s dan pilih format png jika sudah ditemukan pilih save, letakan atau simpan foto tersebut yang kamu mau seperti gambar dibawah ini.

  9. Selesai, coba buka foto kamu biasa dengan media tetapi bukan dengan photoshop Windows Photo Viewer, jika perhatikan foto tersebut apakah bakcgroungnya sudah terhapus atau belum, saya kasih contoh jika background sudah terhapus maka warnanya menjadi transparan bewarna biru seperti gambar dibawah ini.

Jika trik ini tidak berhasil berarti kemungkinan besar tahap-tahap kamu salah atau penggunaan komponenya yang salah, silahkan berkomentar bila ada yang mau ditanyakan atau dengan mengunjungi halaman Contact Us. Untuk mengakhiri postingan ini saya ucapkan terima kasih yang sudah mau membaca postingan ini dan jangan lupa untuk berkunjung lagi lain waktu pada blog ini, salam sukses.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Gampang Membuat Transparan Background Foto dengan Photoshop"

Post a Comment