Cara Cek Kestabilan Koneksi Internet dengan Mudah


Pada postingan kali ini saya akan membagikan trik bagaimana cara cek kesetabilan internet pada sebuah PC ataupun laptop. trik ini sebenarnya sangatlah mudah dan sanngat simple hanya memanggil dns pada Google menggunakan CMD atau Comman Prompt.

Oh iya trik ini juga yang saya tau bejalan pada Sistem Operasi Windows  untuk pengguna Linux kalau tidak salah berbeda dan berbeda Linux menggunakan Terminal, dan tetapipada kali ini saya akan membagikan cara ceknya pada OS Windows khusunya Windows 7 tetapi sama saja asalkan bersistem operasi Windows. Untuk lebih pahamnya silahkan simak tahap tahapnya dibawah ini:

  1. Hal pertama adalah membuka CMD atau Command Prompt, memanggil atau menjalankan CMD caranya cukup mudah tekan start pada keyboard atau klik start dan ketikan "cmd" tanpa tanda petik dan tekan enter pada keyboard,
    setelah menekan enter pada keyboard secara otomatis Windows akan membuka CMD dan menampilkan kotak hitam blank layaknya OS DOS, seperti gambar dibawah ini.
  2. Pada saat memunculkan CMD, biasanya akan ada tulisan path C:\Users\Nama PC>.
    Nah jika bukan seperti yang saya katakan berarti itu bukan CMD bisa jadi System32 mungkin, lanjut ke topik usai membuka cmd lalu ketika " ping 8.8.8.8 -t " tanpa tanda petik lalu enter.

  3. Setelah tekan enter dan tunggu beberapa detik maka CMD akan meresponya dengan tampilan Reply from 8.8.8.8: bytes=32 time=74ms TTL=53 contohnya seperti gambar dibawah ini.
    Jika CMD merespon time=74ms itu artinya koneksi mu cepat dan jika CMD merespon time=1000ms atau lebih maka koneksimu akan lola atau lemot, sedangkan -t saya guankan sebagai perulangan karean disini mengeceknya dan tanpa -t bisa juga tetaoi akan berhenti beberapa menit.
  4. Nah jika CMD merespon Request time out atau leboh singkatnya RTO itu artinya koneksimu lagi kacau atau bengong tanpa respon dari koneksi seperti gambar dibawah ini

  5. Dan jika responya General Failure itu artinya PC atau laptop kamu belum tersambung sama sekali ke data atau datanya off seperti kehilangan koneksi Internet atau kehilangan jaringan seperti gambar dibawah ini

  6. Atau jika tidak ingin menegtik di CMD " ping 8.8.8.8 -t " bisa juga dengan menegtik " ping www.google.com -t " tanda tanda petik, seperti gambar dibawah ini

Nah biarkan saja sampai terus menerus melooping  atau mengulang agar tau kesetabilan koneksi internetnya, Bagamana benar benar mudah bukan?, tanpa perlu menginstall apapun pada sebuah PC atau laptop hanya mengandalkan fitur aplikasi accessories pada Windows yaitu CMD.  Untuk mengakhiri postingan kali ini saya ucapkan terima kasih yang sudah berkunjung dan jangan lupa berkunjung lagi lain waktu dan saya ucapkan, Salam Sukses!.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Cek Kestabilan Koneksi Internet dengan Mudah"

Post a Comment