Cara Cek File Download Bervirus atau Tidak Secara Online


Virus siapa yang tak kenal virus, ya virus secara biologis merupakan  parasit mikroskopik yang menginfeksi sel organisme biologis. Tetapi dalam dunia teknologi perusak sebuah sistem yang dapat membuat barang itu tidak dapat kita kendalikan atau yang lebih buruk lagi bisa membuat barang itu rusak, di sebuah komputer virus sendiri biasaanya menyerang pada dalaman sistem operasi biasaya, akibatnya seperti komputer hang, sering restart/shutdown sendiri, menjadi lemot dll.

Yang paling bahaya mungkin virus jenis malware, virus malware biasanya mengendalikan komputer kita secara jarak jauh oleh si pembuat virus. seperti yang pernah gencar di Indonesia yaitu virus wannacry. Virus sendiri bisa masuk ke komputer kita bisa lewat file file yang tdak kita lihat, nah apakah anda percaya setiap file yang anda download di Internet itu aman?.

Pada kali ini saya akan memberikan info bagaimana Cara Cek File Download Bervirus atau Tidak Secara Online dengan cara hanya mengcopy file yrl file downloadnya saja, bagaimana caranya silahkan simak tahap-tahapnya dibawah ini:


  1. Hal pertama yang harus dilakukan adalah tentunya mempunyai file download yang masih berada di Internet dan belum terdownload di di komputer anda.
  2. Hal kedua adalah menggunakan sebuah situs pihak ketiga yaitu situs scan virus silahkan search di google dengan keyword"virus total" tanpa tanda petik biasanya terletak pageone google atau klik disini

  3. Karena kita ingin mengecek file download maka pilih saja tab url dan pastekan url pada textboxnya dibawah dan pilih scan, saya contohkan saya akan scan atau mengecek iseng saja file framework codeigniter maka klik kanan dan pilih copy link address yang jelas anda harus mendapatkan file downloadnya jika sudah mendapatkan copy dan pastekan pada situs virus total dan klik Scan it!
    Usai klik Scan it tunggu beberapa detik samapai progres scan selesai.



  4. Nah jika sudah selesai, maka akan muncul hasl scannya dengan halaman baru seperti dibawah ini
    Perhatikan emosion warna merah dan biru, jika emosion warna merah lebih dari 0 maka file tersebut bervirus dan perhatikan tab Analysis jika result bewarna merah maka file tersebut bervirus, tetapi pada file diatas tentu saja file tersebut aman atau tidak bervirus, dan jika bervirus akan seperti gambar dibawah ini.

  5. Situs virus totalpun ternyata bisa mendeteksi file local pada computer kita dengan melalui tab file dan klik choose file maka pilih file yang ingin anda scan yang berada di local file komputer anda jika sudah sama saja pilih scan it, hanya membedakan scanning local ini mengupload saja,

Bagiamana mudah dan gampangkan, trik ini anda yang sudah mendownload file di Internet mau itu film, software atau apapun agar berhati-hati mendownload file di Internet supaya komputer aman terhindar dari virus, untuk mengahiri artikel atau postingan ini saya ucapkan terima kasih sudah berkunjung dan jangan lupa bekunjung lagi, untuk mengakhiri artikel ni saya ucapkan selamat malam dan salam sukses,

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Cek File Download Bervirus atau Tidak Secara Online"

Post a Comment