Bahaya, Jangan Nyalakan Komputer Senin Besok!


Virus yang lagi geger di Indonesia yaotu virus Malware berjenis Ransomware yang bernama WannaCry yang begitu bisa menghancurkan komputer kita dan mengambil data data penting kita dan pada akhirnya Menkominfo langsung memberikan himbauna pada masyarakat Indonesia untuk tidak langsung untuk menyambungkan langsung ke Internet saat komputer dinyalakan besok, Menkominfo pun menyarankan untuk membackup semua data penting. Untuk melihat beberapa kutipanya saya telah membaca beberapa kutipan dari Menkominfo yang telah saya baca dari beberapa situs terpercaya berikut dibawah ini:

Menkominfo Rudiantar"Ransomware WannaCry melanda dunia hampir untuk semua bisnis. Umumnya yang terkena imbasnya adalah pelayanan kesehatan Inggris Raya, Skotlandia, NHS. Masalah ini belum banyak yang terselesaikan," "Sebelum menyalakan komputer, pastikan tidak terkoneksi ke internet, dan matikan WiFi sementara. Lalu backup data penting dan copy ke perangkat terpisah atau HDD eksternal. Kalau ada antivirus silahkan download, tapi setidaknya data sudah ter-backup,"



"Masyarakat tidak usah panik. Pemerintah sejak Sabtu kemarin sudah memonitor dan berkoordinasi dengan tim internasional untuk mengantisipasi hal ini (ransomware WannaCry),"




Direktur Jenderal Aplikasi dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika Semuel Abrijani Pangarepan menyatakan kekhawatiran bahwa sistem komputer di institusi-institusi lain di Indonesia bisa terjangkit ransomware WannaCry tanpa disadari.
“Ini kan libur panjang (akhir pekan), beberapa kantor ada yang tutup hingga Senin depan. Takutnya begitu menyalakan PC mereka terinfeksi sehingga (ransomware WannaCry) masuk ke jaringan,”

“Hari Senin, kantor buka, mohon diwaspadai agar jangan terhubung ke LAN (local area network, jaringan kantor) dulu,” ujar pria yang sering disapa Didin ini melalui pesan singkat kepada KompasTekno.
“Backup dulu data penting (sebelum terhubung ke jaringan), pastikan antivirus sudah update serta security patch yang disarankan oleh Microsoft sudah dilakukan,” 

“Justru kekhawatirannya karena ini long weekend, pada tidak sadar sudah terinfeksi dan ketika Senin pada aktif, jadi bencana yang meluas,” 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bahaya, Jangan Nyalakan Komputer Senin Besok!"

Post a Comment