7 Alasan Kenapa Sulit Belajar Bahasa Pemrograman


Menurut Wikipedia Bahasa Pemrograman adalah instruksi standar untuk memerintah komputer. Bahasa pemrograman ini merupakan suatu himpunan dari aturan sintaks dan semantik yang dipakai untuk mendefinisikan program komputer. Bahasa ini memungkinkan seorang programmer dapat menentukan secara persis data mana yang akan diolah oleh komputer, bagaimana data ini akan disimpan/diteruskan, dan jenis langkah apa secara persis yang akan diambil dalam berbagai situasi.

Tapi pada artikel ini saya tidak akan menjelaskan secara mendalam apa itu bahasa pemgroraman tapi saya mau berbagi pengalamn serta suka dan duka saya sejauh ini belajar bahasa pemrograman, untuk mengetahui hal hal atau alasan kenapa sulit kenapa belajar bahasa pemgroraman dibawah ini:
  1. Susah di mengerti, faktor susah dimengerti mungkin adalh salah satu dari yang paling menonjol saya kira, karena bahasa pemroraman pada umumnya kita harus menenrjemahkan bahsa manusia ke bahasa mesin sehingga kita harus mengerti bahasa mesin atau komputer
  2. Terlalu banyak bahasa pemrograman, pada faktor ini memang tidak mengharuskan setiap orang IT harus mengerti atau bahkan bisa secara pasih semua bahas pemroraman tapi dalam bahsa pemrograman harus dapat mengabungkan beberapa bahasa pemrograman contohnya dalam pebuatan web kita harus megabungkan bahasa pemrograman HTML, CSS, Javascript dll.
  3. Ogah pusing, Ogah pusing atau malas pusinh mungkin salahsatu faktor dari alasan sulit kita belajar bahasa pemrograman tapi namanya belajar pasti akan pusing juga apalagi masih pemula dalam belajar bahasa pemrograman
  4. Logika harus kuat, jika manusia mempunyai keterbatasan yang sama maka saya kira semua orang juga sama yang membedakan hanya situasi, dalam belajar bahasa pemrograman memang kita harus mempunyai logika yang benar benar kuat agar dalam pola berpikir imajinasi berlogika agar tetap jalan dan tahan dalam melakukan pengetikan coding coding.
  5. Memakan waktu cukup lama, dalam usaha menerjemahkan bahsa manusia ke bahasa mesin memang benar benar cukup sulit dan apalagi jika kita ingin benar benar project yang kiat memuaskan maka kita benar benar membutuhkan waktu cukup lama mendesign sebuah project setidaknya 3 bulan untuk salah satunya untuk tester.
  6. Berbahasa Inggris, meskipun bermaksud menerjemahkan bahasa mesin tapi bahasa pemrogramanpun melakukan sintaks sintaks melalui bahasa inggris seperti if else end for to do dll, Salah satu kesulitan yang berlaku pada warga Indonesia adalah mungkin dalam berbasa inggris tapi setidaknya bila ingin belajar bahasa pemrograman kita harus mengert dulu bahsa inggris tetapi tidak harus menguasai melainkan hanya dasar dasar saja seperti yang saya katakan if else end for to do dll.
  7. Bertemu project error, pada saat kita melakukan coding adalah hal wajar bertemu atau mencoba run sebuah project alhasil project kita masih gagal belum berjalan sesuai harapan tapi ada yang bilang seni dalam melakukan coding itu adalah error, tak bisa dipungkiri ketika kita hanya kurang menambahkan atau kelebihan titik ataupun koma project kita akan tidak berjalan atau bahkan tidak komputer kita malah not respond.
Suka duka hal diataspun merupakan adalah rintangan bagi para orang yang ingin belajar bahasa pemrograman tapi jika kita jangan menyerah pada kemudian hari kita pasti bisa mengerti atau bahkan pasih dalam bahasa pemrograman seperti kita saat masih kecil yang susah belajar berbicara dan pada akhirnya kita pasih ataupun kita saat belajar merangkak dan akhirnya kita bisa berjalan dan bahkan berlari.

Subscribe to receive free email updates:

10 Responses to "7 Alasan Kenapa Sulit Belajar Bahasa Pemrograman"

  1. Yg paling saya kesel pas susah2 edit ..eh pas dicoba project error kan kamvrett :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. ane tau bro yang ente rasain wkwkwkw.... missing smilicon wkwkwk

      Delete
  2. Gak bisa lama-lama saya di depan komputer. Coba bisa ditulis di kertas saja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwk.... kaga bisa di run kalau ditulis dikertas

      Delete
  3. Betul banget gan ... saya sangat pusing kalo udah liat kode css yang numpuk gitu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwk... pisah pisah gan biar enak per tabnya biar gak pusing

      Delete
  4. Iya benar skali mas itu emang alasan susahnya bljar program, mkasih infonya gan

    ReplyDelete
  5. Kalo saya pake akal2an gan, ane ada blog sebagai bahan uji coba, kalo berhasil tinggal copy aja heheh

    ReplyDelete