Preposition: Pengunaan kata In, On dan At Pada Bahasa Inggris



Perbedaan Preposition (Kata Depan) In On At Pada Penggunaan Dalam Bahasa Inggris

Inti dari perbedaan antara ketiga preposisi ini dibagi menjadi 2 hal penting. Yang pertama adalah perbedaan dalam waktu. Dan yang kedua adalah tentang lokasi. Selain kedua hal penting itu, Saja juga akan memberikan contoh kapan kita harus menggunakan preposition in, on, at. Naah, pembaca setia KBI angsung saja kita simak penjelasan dibawah ini.

1. Waktu

Perhatikan tiga contoh kalimat dibawah ini :
– Septian was born in 1988.
– Septian was born on September 25th.
– Septian was born at 9:15 AM.
Jika kalian melihat ketiga contoh kalimat diatas kalian akan dapat mengerti dimana perbedaannya. Hal itu dikarenakan beda penggunaan yang terlihat sangat kontras sekali. Berikut penjelasannya mengapa ketiga kalimat tersebut bisa berbeda.
In
Dalam konteks waktu, kata depan in digunakan untuk menjelaskan waktu yang general atau memiliki cakupan yang besar. Seperti di contoh kalimat diatas. Jika menjelaskan hanya nama tahun, maka lebih baik memilih in ketimbang on atau at. Kata depan in juga digunakan ketika kita berbicara abad, bulan, morning, afternoon, evening.
Contoh :
  • She always reads comix in the morning.
  • In the summer, we have a rainy season for four weeks.
  • The new semester will start in June.
On
Pada konteks waktu, kata on digunakan untuk menjelaskan waktu yang lebih spesifik dari kata in. Karena kita harus menggunakan on jika menjelaskan suatu tanggal. Logikanya suatu tanggal pasti tingkatannya lebih spesifik dibandingkan dengan tahun. Selain itu on juga digunakan pada hari dalam satu minggu seperti, on Sunday, on Saturday, on Wednesday.
Contoh:
  • My uncle comes on Wednesdays.
  • I was born on the 21th day of June in 1988.
At
Untuk kata depan yang terakhir ini, dalam konteks waktu digunakan untuk waktu yang paling spesifik. Misalnya seperti waktu dari sesuatu yang terjadi. Logikanya waktu kejadian itu lebih spesifik dibandingkan dengan tanggal atau tahun dari suatu kejadian.
Contoh :
  • I will meet he at 12 p.m.
  • The car will stop here at 5:45 p.m.

2. Place atau lokasi

Perhatikan 3 contoh kalimat dibawah ini
– Rissa lives in Lampung.
– Rissa lives on Z.A Pagaralam Street.
– Rissa lives at 25th Z.A Pagaralam Street.
Dimanakah letak perbedaan antara ketiga kalimat diatas? Sudah terlihat kontras sekali yah pembaca KBI. Perbedaan ketiganya adalah ruang lingkup letak dari suatu tempatnya. Lihat dengan seksama penjelasannya berikut ini.
In
Dalam konteks tempat atau lokasi. Kata in mempunyai ruang lingkup yang sangat general atau besar. karena hanya menjelaskan diman Rissa tinggal tapa adanya penjelasan terperinci. In dalam menjelasakan suatu tempat atau lokasi juga digunakan pada benua, negara, area, provinsi, dan tempat lainnya dalam konteks secara general.
Contoh :
  • I am currently sleeping in a hotel.
  • My hometown is Jakarta, which is in Kemang.
On
Berbeda dengan in, kata depan on digunakan untuk contoh yang sedikit terperinci. Dalam kalimat diatas digunakan pada nama jalan tanpa nomor. Karena nama jalan lebih terperinci jika dibandingkan dengan nama kota yang lebih general. Kata on juga digunakan untuk nama pulau, sungai, pantai.
Contoh :
  • I put a pencil on the kitchen table.
  • The newspaper is on my desk.
At
Dan yang terakhir adalah kata at. Jika kita ingin menjelaskan suatu nama jalan dengan nomor atau alamat lengkap maka harus menggunakan preposisi at. Hal itu dikarenakan at digunakan untuk suatu yang lebih terperinci dari kedua preposisi in dan on.
Contoh :
  • There is a party at his house.
  • There were hundreds of dogs at the park.
  • We saw a football game at the stadium.

Copas from: kuliahbahasainggris.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Preposition: Pengunaan kata In, On dan At Pada Bahasa Inggris"

Post a Comment